No icon

Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta Menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Membuat Bahan Ajar Daring Interakt

Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta Menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Membuat Bahan Ajar Daring Interaktif Berbasis Information Technology (IT) Bagi Dosen

Jumat, tanggal 25 September 2020 Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan kegiatan pelatihan melalui aplikasi media zoom dengan tema: “Pelatihan Membuat Bahan Ajar Daring Interaktif Berbasis Information Technology (IT) Bagi Dosen”.

Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan kebutuhan dosen di masa pandemi ini karena adanya perubahan paradigma pembelajaran di setiap jenjang pendidikan termasuk di perguruan tiggi seperti IIQ Jakarta di mana sistem pembelajaran yang luring dikonversi dalam pembelajaran daring atau online secara masif. Hal lain  yaitu mengingat dalam pembelajaran daring dosen harus mampu memiliki kompetensi IT seperti dapat membuat bahan ajar atau konten pembelajaran daring.  

Pelatihan ini dihadiri oleh para dosen fakultas tarbiyah, baik dari Prodi PAI, prodi PIAUD, bahkan dosen luar fakultas. Selain itu, pelatihan ini juga dihadiri dekan fakultas tarbiyah Dr. Esi Hairani, M.Pd, Kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA,Pd dan Kaprodi PIAUD, Warek I bidang akademik Ibu Dr. Nadjematul Faizah, S.H, M. Hum serta para ketua lembaga IIQ Jakarta.

Guna dapat memberikan pemahaman yang kongkret dan dosen mampu membuat  bahan ajar daring, fakultas tarbiyah menghadirkan Bapak Drs. Karnadi, MRDM Pengembang Teknologi Pembelajaran Madya Pusdatin Kemdikbud sebagai trainer. Sementara  moderatornya yaitu  Ibu Alfun Khusnia, M.Si dosen Prodi PAI fakultas tarbiyah.

Pada sesi pelatihan  trainer memberikan penjelasan dengan eksplisit dan mengajarkan praktik membuat bahan ajar berbasis IT interaktif dengan menggunakan aplikasi Badicam.com aplikasi ini memiliki banyak fitur termasuk bagaimana merekam video, gambar, dan mengedit video secara lansung, dan hasil dari video atau edit videonya dapat diintegrasikan ke dalam bahan ajar dari power point sehingga menjadi bahan ajar interaktif. Tak hanya paraktik membuat bahan ajar, trainer juga mengajarkan praktik membuat absensi sign in secara daring untuk kegiatan pembelajaran.

Di akhir pelatihan trainer menyampaikan jika nanti para dosen setelah pelatihan ini, harus submit output video dan absensi sign in tersebut selang beberapa hari kedepan. Pungkas dari dosen media dan teknologi pembelajaran fakultas tarbiyah IIQ Jakarta. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama di media zoom. (Rs)

Comment