No icon

Realisasi Kegiatan Akademik Writing Class Fakultas Tarbiyah dan DEMA-FT: “Kelas Menulis Skripsi Par

Realisasi Kegiatan Akademik Writing Class Fakultas Tarbiyah dan DEMA-FT: “Kelas Menulis Skripsi Part II”

Sabtu, 10 Oktober 2020 Fakultas Tarbiyah dan Dema-FT kembali merealisasikan agenda “Kelas Menulis Skripsi Part II” yang dihadiri oleh ratusan mahasiswi dari fakultas tarbiyah dan fakultas lain di IIQ Jakarta. Kali ini tema yang diangkat yaitu “Membumikan Tafsir dan Hadis Tarbawi di dalam Skripsi” dan lansung dinarasumberi oleh Dosen Tafsir dan Hadis Tarbawi Ibu Sri Tuti Rahmawati, MA. dan dipandu lansung oleh dekan fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd dan Kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA.Pd

Minggu kedua dari agenda ini pemateri mengatakan mahasiswi semester akhir harus menguasai dan memahami apa itu tafsir dan hadis tarbawi dan bagaimana menempatkan keda aspek tersebut dalam skripsinya nanti. “Seperti bagaimana tafsir ayat dan hadis tentang pendidikan karakter atau tentang kedisiplinan, mahasiswa jangan lansung taro-taro saja, namun harus mengerti mana ayat-ayat dan hadis-hadis yang berkaitan dengan pendidikan karakter ataupun kedisiplinan, disertai dengan adanya unsur-unsur penafsiran Al-Qur’an dan hadis”, tutur dari Ibu yang kerab disapa Bunda.

Lebih lanjut pemateri mengatakan bahwa mahasiswi harus mengetahui dan sudah familiar dengan kitab-kitab tafsir yang populer atau hadis-hadis populer seperti kitab tafsir Al-Maraghi, Al-Misbah, Al-Mizan dan Kitab Tafsir Bukhori, Muslim dsb. Tak hanya itu, pemateri juga lansung memberikan contoh-contoh konkret terkait ayat dan hadis pendidikan di dalam suatu penafsiran, hal ini guna nantinya mahasiswi lansung bisa mencari ayat dan hadis yang bertema pendidikan dan nanti lansung bisa memberikan penafsiran dalam skripsi dengan mengacu dari berbagai pendapat mufasir dan  ahli hadis beserta unsur-unsur yang harus termuat dalam suatu penafsiran ayat dan hadis.

Banyak ilmu dan pemahaman yang bisa didapat oleh para mahasiswi akhir  dalam kegiatan ini terutama terkait dengan tafsir dan hadis tarbawi. Harapannya dengan adanya kegiatan ini mahasiswi semester akhir dapat memahami dan praktik lansung terkait bagaiamana memberikan penafsiran terhadap ayat atau hadis dalam penulisan karya ilmiah akhir atau skripsi. (R.S)

 

 

Comment