No icon

Realisasi Kegiatan Akademik Writing Class: “Kelas Menulis Skripsi Part I”

Realisasi Kegiatan Akademik Writing Class: “Kelas Menulis Skripsi Part I”

Fakultas Tarbiyah berkerja sama dengan Dema Fakultas Tarbiyah (Dema-FT) dalam menyelenggarakan “Diskusi Ilmiah dan Academic Writing Class Bulanan,” dan tema yang diambil yaitu “Kelas Menulis Skripsi (sesuai dengan buku pedoman penulisan skripsi IIQ Jakarta)” yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan guna memfasilitasi dan mewadahi kebutuhan mahasiswa semester VII (Tujuh) dalam menulis tugas akhir yakni skripsi, agar nanti penulisan mahasiswa fakultas tarbiyah mengacu buku pedoman penulisan skripis IIQ Jakarta, dan tentunya memenuhi standar penulisan karya ilmiah.

Agenda ini dilaksanakan pada hari Sabtu, dan akan dilaksana selama lima kali yang dimulai dari tanggal 03 sampai 31 Oktober 2020 dengan tema dan narasumber yang berbeda-beda setiap minggunya. Hal lain, kegiatan ini terbuka untuk seluruh fakultas semester VII (Tujuh) Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta, dan tersedia e-sertifikat bagi peserta.

Untuk minggu pertama kegiatan ini mengambil tema “Sosialisasi dan Persamaan Presepsi Teknik Penulisan Karya Ilmiah/Skripis Mahasiswa IIQ Jakarta) dengan narasumber Dr. Muhammad Azizan Fitria, Lc, MA. selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengkajian Ilmiah (LPPI)  dan lansung dibuka dan dipandu oleh Dekan Fakultas Tarbiyah yakni Dr. Esi Hairani, M.Pd., Ibu Kaprodi PAI yakni Reksiana, MA.Pd., dan Ibu Kaprodi PIAUD yakni Hasanah, M.Pd, serta ketua Dema FT Silmi Yassifi Masfufah.

Pada minggu pertama ini narasumber memaparkan secara gamblang tentang tema yang dibahas terkait teknik-teknik dalam penulisan skripsi seperti, latar belakang masalah, permasalahan (Identifikasi, pembatasan, perumusan), tujuan, kegunaan, tinjauan pustaka, metodologi (jenis pendekatan, sumber data, metode pengumpulan data ), dan sistematika.

Selain itu juga narasumber menjelaskan tentang langkah-langkah dalam menulis skripsi yaitu: memilih masalah, penelitian pendahuluan, merumuskan masalah, merumuskan anggapan dasar, memilih pendekatan, menentukan variabel, menentukan sumber data, membuat proposal, menentukan instrumen, mengumpulkan data, analisis data, dan menarik kesimpulan.

Kegiatan ini berjalan dengan marak, lantaran yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 165 dan dimulai dari pukul 08.30, berakhir pukul 11.30 WIB. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dengan baik dan benar, serta mahasiswa tidak ragu lagi untuk membuat proposal skrispi. (RS& SL)

 

Comment