No icon

Kajian PIAUD IIQ Jakarta Bahas Urgensi Lembaga PIAUD dalam Kajian Managemen Pendidikan Islam

Kajian PIAUD IIQ Jakarta Bahas Urgensi Lembaga PIAUD dalam Kajian Managemen Pendidikan Islam

Minggu, 18 Oktober 2020 Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini mengadakan kajian, diskusi, dan menelaah tema tentang Urgensi Lembaga PIAUD dalam Kajian Managemen Pendidikan Islam dengan nara sumber kajian adalah Dr. Esi Hairani, M.Pd, Dekan Fakultas Tarbiyah sekaligus pakar bidang Manajemen Pendidikan Islam dan nara sumber kedua adalah Bapak Alimudin, M.Pd, Dosen Tetap Prodi PIAUD sekaligus Asesor TK/RA di wilayah Jakarta.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Ibu Hasanah, M.Pd, beliau menyampaikan urgensi kajian ini sebagai salah satu program kegiatan PIAUD, ada 3 hal yang dapat dijadikan catatan, pertama kajian ini dapat menjadi ajang silaturrahmi mahasiswa baru dan mahasiswa lama apalagi bila kita mengalami kondisi covid 19 seperti saat ini, kedua kajian ini bisa melahirkan kreativitas dan inovasi dalam meneliti karena isu permasalahan akan banyak terungkap dalam kajian ini sehingga melahirkan pemikiran dan ide yang menarik minimal untuk penulisan karya ilmiah diakhir kuliah nanti. Dan point ketiga diharapkan mulai dari diskusi kecil ini, diharapkan mahasiswa belajar untuk kritis dan meningkatkan rasa percaya diri. Belajar dari forum kecil insya Allah akan terbiasa pada forum-forum besar nanti.

Kajian dilanjutkan dengan paparan materi. Pemateri pertama menyampaikan manajemen pendidikan secara umum digambarkan dengan detail dan menarik dan pemateri kedua menyampaikan perihal manajemen PIAUD secara lebih spesifik.  Sebelum acara ini berakhir, muncul pertanyaan-pertanyaan yang menarik dari peserta kajian, diantaranya menanyakan tentang manajemen SDM dengan multi jabatan, selain mengajar di kelas sebagai guru, dia juga menjabat posisi kepala sekolah, ada juga yang bertanya bagaimana managemen sekolah saat Pandemi Korona seperti saat ini, dan apakah sebuah manajemen itu dapat dikatakan sehat bila seluruh SDMnya merupakan keluarga dekat.

Diakhir kajian dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem managemen merupakan sistem kinerja sebuah lembaga, manajemen itu sehat atau tidaknya tergantung ketercapaian target lembaga dan stabil. Masalah itu wajar dan bagaimana kita dapat menyelesaikan sesuai aturan yang berlaku. Sistem berjalan sesuai dengan target dan output lulusan berprestasi dan visi misi tercapai. Berbicara tentang pendidikan anak usia dini bagaikan sebuah  rumah yang fondasi-fondasinya adalah manajemen oleh karenanya merancang manajemen Pendidikan Islam Anak Usia Dini harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran pendidikan.

Comment