No icon

Kuliah Umum PIAUD IIQ Jakarta Angkat Tema “Reorientasi SDM Unggul Sejak Dini Untuk Mencegah Lost Gen

Kuliah Umum PIAUD IIQ Jakarta Angkat Tema “Reorientasi SDM Unggul Sejak Dini Untuk Mencegah Lost Generation Akibat Pandemic Covid 19”

Pada hakikatnya, daya saing dalam era globalisasi saat ini adalah PERSAINGAN DAHSYAT ANTAR SUMBER DAYA MANUSIA. Anak cucu kitalah yang akan mengisi SDM tersebut kelak. Mau tidak mau harus kita persiapkan sedini mungkin melalui pendidikan anak usia dini hingga bisa menjadi orang yang kreatif dan inovatif dan dapat berdaya saing tinggi di dunia global serta menjadi SDM profesional. Untuk itu diperlukan suatu proses belajar-mengajar yang terus menerus. Dengan kata lain, di Abad 21 ini setiap orang perlu berupaya sejak dini menjadikan belajar sebagai bagian integral dari dininya dan disesuaikan dengan masa sulit seperti saat ini yaitu pandemik covid 19. Oleh karenanya perlu rasanya merumuskan kembali tujuan pembelajaran (reorientasi) SDM unggul sejak dini, agar tidak menyesal dan kehilangan generasi seperti perang dunia I silam. Hal inilah yang melatarbelakangi diangkatnya tema kuliah umum PIAUD fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta yang diselenggarakan pada Selasa, 03 November 2020 pukul 13.00-15.30 dan dengan tema “Reorientasi SDM Unggul Sejak Dini Untuk Mencegah Lost Generation Akibat Pandemic Covid 19”.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Esi Hairani, M.Pd beliau menyampaikan bahwa kegelisahan orang tua pada anak selama pandemik covid 19 cukup meresahkan. Timbul banyak masalah baru seperti minimnya waktu belajar di rumah dan kekurangan resoures pendukung seperti akses internet, minim kuota, banyaknya waktu luang bagi anak, kurangnya kerjasama orangtua dan guru, kurangnya pengawasan orangtua yang bekerja, minimnya pengetahuan tentang teknologi pada guru dan lain sebagainya. Kuliah umum ini merupakan bentuk kepedulian Fakultas Tarbiyah untuk mengkaji isu permasalahan ini.

Tujuan diadakan kuliah umum ini untuk menambah wawasan mahasiswa PIAUD akan fenomena yang sedang terjadi dan berkembang di masyarakat seperti kondisi pandemik yang sudah berjalan 8 bulan ini. Pemateri dalam Kuliah Umum adalah Dr. Sigit Purnama, M.Pd, beliau merupakan Kepala Program Studi PIAUD Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga sekaligus Ketua Perkumpulan Program Studi PIAUD Indonesia dipandu oleh ibu Faza Karimatul Akhlak, MA. Beliau mencoba memetakan pemikiran kita perihal tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Lalu merumuskan kembali tujuan untuk mencetak generasi unggul sejak dini. Diantara rekomendasi yang disampaikan antara lain (1) merekonseptualisasi ‘masa kanak-kanak’ dan ‘bermain’ di dunia digital, (2) berikan pelatihan pemanfaatan teknoloogi digital dan online kepada orangtua dan guru, (3)  mulailah mengakrabkan anak dengan dunia digital.  Acara dihadiri oleh 106 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen  dan praktisi RA. Setelah paparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan doa oleh Bapak Kurnia Akbar, M.Pd. (Hs)

Comment