No icon

Realisasi Kegiatan Akademik Writing Class Fakultas Tabiyah: “Kelas Menulis Skripsi Part V”

Realisasi Kegiatan Akademik Writing Class Fakultas Tabiyah: “Kelas Menulis Skripsi Part V”

Jumat, 06 November 2020, fakultas tarbiyah menyelenggarakan kegiatan kelas menulis skripsi sesi ke lima atau sesi akhir, pada kegiatan ini tema yang diangkat yaitu kisi-kisi penulisan skripsi dan olah data kuantitatif dengan pemateri Bapak Syafaat Muhari, S.E. Sy, M.E dengan moderator Ibu Reksiana, MA.Pd selaku Kaprodi PAI di fakulas tarbiyah.

Acara ini juga dihadiri oleh dekan fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, MA.Pd. sekaligus diakhir acara akan menutup kegiatan ini yang sudah berlansung sebulan lebih, dengan lima sesi. Pada sesi kelima ini peserta yang hadir sebanyak 85 mahasisi akhir.

Tema ini diangkat mengingat nanti para mahasiswi akhir akan menulis skripsi dan sangat memerlukan pemahaman tentang bagaimana mengolah data dalam penelitian kuantitatif dengan karakteristik, dan unsur-unsur yang terkait dalam penelitian tersebut.

Dalam membahas olah data kuantitatif, Bapak Syafaat Muhari, M.E, menjelaskan seluk beluk dari penelitian kuantitatif, dari aspek karakteristik, unsur-unsur yang terkait seperti menjelaskan apa itu populasi, bagaimana teknik sampling seperti teknik sampling slovin, rendom, multi stage, puposive, accidental sampling dan sebagainya.

Ketika kita sudah menetapkan cluster sampling tentu alasannya yang dibuat atau dipertimbangkan oleh para peneliti harus sudah jelas, jangan nanti menulis alasannya karena kenal dengan guru di sana, karena sekolahnya dekat dengan rumah, tentunya alasan-alasan seperti ini tidak ilmiah, dan harus dihindarkan alasan-alasan seperti ini dalam menentukan cluster sampling nanti.“ Tandas penulis jurnal terideks SINTA 2 ini.

Selain memaparkan terkait dengan beberapa hal tersebut, pemateri juga menjelaskan dengan eksplisit terkait dengan uji statistik, dan semua unsur yang terkait seperti statistik parametrik non-parametrik serta bagaimana mengetahui apakah data yang akan diuji berdistribusi normal atau tidak nomal, uji validitas dan uji reliabilitas. Termasuk menjelaskan uji hubungan seperti rumus Chi Kaudrat, Korelasi Spearman atau uji pengaruh seperti dengan Regresi Linier atau Berganda.

Setelah penyampaian materi usai, sesi selanjutnya yaitu, penutupan kegiatan kelas menulis skripsi oleh dekan fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd didampingi oleh kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA.Pd.

Banyak hal yang didapatkan oleh para mahasiswi semester akhir dengan adanya kegiatan kelas menulis skripsi ini setalah dilaksanakan selama lima minnggu dengan materi dan para nasumber yang pakar dibidangnya masing-masing sesuai tema yang ditentukan pada setiap sesi. Selamat menulis skripsi untuk mahasiswi akhir fakultas tarbiyah dan mahasiswi IIQ Jakarta. (R.S

Comment