No icon

Realisasi Agenda Kelas Menulis Skripsi Bagian IV Dema Fakultas Tarbiyah

Realisasi Agenda Kelas Menulis Skripsi Bagian IV Dema Fakultas Tarbiyah

Sabtu, 24 Oktober 2020 Fakultas Tarbiyah berkerja sama dengan Dema-FT kembali merealisasikan agenda “Kelas Menulis Skripsi Bagian IV” yang dihadiri oleh ratusan mahasiswi dari fakultas tarbiyah dan fakultas lain di IIQ Jakarta. Kali ini tema yang diangkat yaitu “Kisi-Kisi Penulisan Skripsi Dan Olah Data Kualitatif” yang dinarasumberi oleh Bapak Saefullah, M.Hum. dan dipandu oleh Kaprodi PIAUD, yaitu Ibu Hasanah, M.Pd.

Pada minggu keempat kelas menulis skripsi ini, narasumber memaparkan secara gamblang tentang tema yang dibahas terkait kisi-kisi penulisan skripsi dan olah data kualitatif. Ilmu bukan sekadar pengetahuan, tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Suatu ilmu bisa dikatakan konkrit apabila telah memenuhi empat syarat, diantaranya : objektif, metodis, sistematis, dan universal

Objek bersifat formal (sesuatu yang harus diuji keberadaannya) dan objek yang bersifat materi (sesuatu yang bisa dirasakan dan dilihat). Metodis adalah suatu upaya untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari kebenaran, setelah itu ilmu harus terurai dan terumuskan dalam hubungan yang teratur dan logis. Semakin universal suatu penelitian maka semakin bagus pula penelitian tersebut. Semakin komprehensif suatu penelitian semakin bagus pula suatu penelitian tersebut.

Selain itu juga narasumber menjelaskan tentang tujuan dilakukannya suatu penelitian yaitu untuk memperoleh pengetahuan atau penemuan baru, untuk mengkaji dan menguji kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada, dan untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.

Dalam meneliti juga harus memperhatikan tiga hal inti, diantaranya: tema, metode dan juga pendekatan. Menentukan tema harus fokus pada masalah yang diidentifikasi serta subjek atau objeknya. Metode yang digunakan harus berdasarkan prosedur yang sudah ada. Pendekatan dilaksanakan dengan cara menganalisis serta menyesuaikan teori dengan tema yang diambil. teori pendekatan, diantaranya yaitu filosofis, normative dan experience (pengalaman).

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, dimulai dari pukul 09:00 – 11-00 WIB. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dengan baik dan benar, serta mahasiswa dapat memahami dan mengerti dalam mengerjakan tugas akhir skripnya.

Comment