Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA. Kembali Beri Kuliah Umum di PPs IIQ Jakarta

( 14-03-2018 Pukul 15:58:57 WIB )

BERITA IIQ Online — Program Pascasarjana (PPs) IIQ Jakarta menggelar kuliah umum yang bertajuk, Penafsiran Al-Qur’an di Era Kontemporer dan Problematikanya. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA. Pendiri Pusat Studi Al-Qur’an sebagai narasumber.

Kuliah umum yang dibuka oleh Rektor IIQ Jakarta Prof. Dr. Hj. Huzaemah T. Yanggo, MA., dan diikuti sedikitnya 200 orang dari kalangan sivitas akademika PPs IIQ Jakarta serta tamu undangan, dilaksanakan pada Rabu (14/03) bertempat di Aula IIQ Jakarta.

Quraish Shihab dalam penyampaian prolog kuliah umum mengatakan bahwa, apakah ayat-ayat al-Qur’an itu ditujukan kepada kita yang hidup di era kontemporer? Bukankah hanya untuk Nabi dan juga para sahabat?. Kemudian beliau menjelaskan bahwa, Al-Qur’an ditujukan untuk seluruh manusia, tidak hanya untuk Nabi dan juga para sahabat. Jika demikian, kita dituntut dan diperintahkan untuk mempelajari Al-Qur’an. Dengan diperintahkannya manusia untuk mempelajari al-Qur’an, maka pintu ijtihad tetap terbuka dan semua mempunyai kesempatan untuk mempelajari, memahami dan berpendapat tentang Al-Qur’an.

Berdasarkan pengamatan panitia di lokasi, antusiasme peserta yang hadir cukup besar, hal ini tampak dari tidak cukupnya ruangan aula IIQ Jakarta dan pertanyaan-pertanyaan selama diskusi berlangsung baik dari pihak mahasiswa. Para mahasiswa Program S2 dan S3 Pascasarjana IIQ Jakarta merasa sangat bersyukur bisa mengikuti kuliah umum ini, karena bisa menyaksikan dan mendengarkan langsung penyampaian yang diberikan oleh Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA. sebagai pakar dalam bidang Al-Qur’an dan tafsir.

Penutupan dan doa dalam acara  kuliah umum ini disampaikan oleh Direktur Pascasarjana IIQ Jakarta, Dr. KH. Ahmad Munif Suratmaputra, MA. Turut hadir pada kesempatan ini, Dr. Dawud Arief Khan (Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan), Dr. Hj. Faizah Ali Syibromalisi, MA (Ketua Program Studi S3 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir), Dr. H. M. Azizan Fitriana, MA (Ketua Program Studi S2 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir), Dr. Oka Gunawan, M.Ag. (Ketua Program Studi S2 Pendidikan Agama Islam), Dr. H. Ahmad Syukron, MA (Ketua Program Studi S2 Hukum Ekonomi Syariah. (RF).

Berita Terkait

  • Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA Beri Kuliah Umum di Pascasarjana IIQ Jakarta