Mahasiswa IIQ Jakarta Rifdah Farnidah Mengharumkan Nama Indonesia di Kancah Internasional

( 31-03-2018 Pukul 10:58 WIB )

BERITA IIQ Online — Satu lagi mahasiswi IIQ Jakarta yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Adalah Rifdah Farnidah, gadis berusia 22 tahun yang baru kembali dari Yordania untuk mengikuti Musabaqah Hifdzil Quran sedunia.

Rifdah menyelesaikan pendidikan jenjang S1 di Fakultas Ushuluddin Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, tahun 2017 dan saat ini tercatat sebagai mahasiswi aktif Program S2 Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta. Selain seorang mahasiswa, kegiatan sehari-hari Rifdah aktif sebagai instruktur tahfizh di Pesantren Takhassus IIQ Jakarta.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan di Yordania tanggal 19-24 Maret 2018, Rifdah Farnidah berhasil meraih juara 2 dari 29 negara peserta dan kemenangan ini menjadi luar biasa karena Rifdah satu-satunya juara yang bukan berasal dari negara Timur Tengah.

Gadis asal Sumedang, Jawa Barat ini di bawah perwakilan dari Aljazair yang meraih juara pertama serta perwakilan Iran yang juara tiga.

Prestasi Rifdah ini langsung mendapat apresiasi luar biasa dari para tokoh agama dan politisi di Tanah Air. Satu di antaranya adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam unggahan di akun Facebook miliknya, Anies Baswedan mengungkap telah mengundang Rifdah dalam acara silaturahmi ulama di Balai Kota Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Anies menceritakan detik-detik saat hadirin menitikkan air mata ketika Rifdah melantunkan ayat suci Al-Quran.

"Di depan ia bacakan penggalan Quran, dari surah Al Hasyr ayat 18-24. Di ruang depan Balai Kota yang usia bangunannya dua abad, di ruang yang tak biasa jadi tempat dilantunkannya Al-Quran, puluhan ulama, habib, ustadz dan ustadzah hening, haru dan khusyuk menyimak lantunan ayat dari suara bening. Sebagian kita yang hadir mulai terlihat mengusap butiran air dari matanya," tulis Anies, Jumat (30/3/2018).

Anies Baswedan menyambut Rifdah Farnidah. Rifdah juga mendapat kehormatan lain saat menjadi tamu di acara silaturahim itu.

Syekh Khalid Al-Hamoudi, seorang ulama dari Mekkah mengungkap kekaguman dan apresiasi kepada Rifdah.

Tak disangka-sangka, Syekh Khalid Al-Hamoudi memberikan hadiah berupa ibadah haji kepada Rifdah, sang ibunda serta pembimbing Rifdah dan suaminya.

"Perkenankan saya sampaikan hadiah kepada Rifdah. Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orang tuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah yaitu Hj. Muthmainnah, MA beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji. Saya akan tunggu dan sambut di Mekkah, di mana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya," ungkap Syekh Khalid Al-Hamoudi.

Tak sampai di situ, Rifdah juga resmi menjadi anak angkat Syekh Khalid. "Saya punya dua anak perempuan yang juga hafidzah dan sudah lancar tilawah Quran dalam berbagai qiroat. Kini saya punya tiga anak perempuan, Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga," ujar Syaikh Khalid. (RF).

Berita Terkait

  • Mahasiswa IIQ Jakarta Kembali Harumkan Indonesia di Ajang MTQ Internasional