Mahasiswa IIQ Jakarta Kembali Harumkan Indonesia di Ajang MTQ Internasional

( 14-05-2018 Pukul 12:17 WIB ) Jakarta, Qari dan Qariah tanah air kembali harumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional Antar Bangsa yang ke 60 di Malaysia, Indonesia berhasil menyabet dua gelar, yaitu Juara 2 Tilawah Puteri dan Juara 5 Tilawah Putera.
 
Adalah Khamisatudduha Abdul Wahab, mahasiswi program magister Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta berhasil menjadi yang terbaik kedua. Ami, sapaan akrab Khamisatudduha adalah juara 1 Cabang Tilawah Dewasa Puteri pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional Tingkat Nasional di Tarakan, Kalimantan Utara Tahun 2017.
 
Di ajang yang sama, atas nama Muhamad Masud Masruchan, pemuda kelahiran Kudus pada 25 Desember 1990 berhasil meraih prediket terbaik ke lima. Masud adalah Juara 2 pada STQ Nasional 2017 di Tarakan Kalimantan Utara.
 
Kepada bimasislam, Ami dan Masud mengaku gembira karena telah menorehkan tinta emas di ajang Internasional. Meski tidak meraih juara satu (Johan), bagi mereka capaian saat ini cukup membanggakan mengingat MTQ Intrnasional Antar Bangsa dikenal menerapkan kompetisi yang sangat ketat.
 
“Alhamdulillah saya sudah plong, meraih juara di sana tidak mudah, selama ini ajang di Malaysia selalu menjadi perhatian dari seluruh dunia”, ungkap Ami sesaat setelah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Minggu (13/5) malam.
 
Direktur Penerangan Agama Islam, Khoirudin selaku fasilitator keberangkatan ke Malaysia memberikan apresiasi atas keberhasilan kedua peserta asal Indonesia. Kedepan, pihaknya berharap tradisi Juara di ajang internasional terus dipertahankan.
 
“Atas nama pemerintah, saya memberi apresiasi atas keberhasilan ini, semoga kedepan tradisi juara di ajang internasional terus kita pertahankan baik untuk Tilawah Maupun Tahfiz”, ujar Khoirudin.
 
Sebagai Informasi, MTQ Intrnasional Antar Bangsa 2018 diidkuti peserta dari 56 negara. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 7 sampai 12 Mei 2018. Ada dua cabang yang diperlombakan yakni cabang Tilawah dan Cabang Tahfiz.
 
Berikut urutan juara Cabang Tilawah. Johan Qori: 1. Malaysia, 2. Iran 3. Algeria 4. Mesir 5. Indonesia. Johan Qoriah: 1. Malaysia 2. Indonesia 3. Singapore 4. Brunai Darussalam 5. Philipina.
 

Berita Terkait

  • Prestasi Mahasiswi IIQ di Ajang MTQ Internasional
  • Mahasiswi IIQ Jakarta Hadiri Penutupan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) Internasional
  • Mahasiswa IIQ Jakarta Rifdah Farnidah Mengharumkan Nama Indonesia di Kancah Internasional