Mahasiswi IAT IIQ JAKARTA SIAP MENGABDI DI KECAMATAN PAMULANG

( 04-03-2019 Pukul 13:24 WIB )

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IIQ Jakarta, Dr. Hj. Romlah Widayati M.Ag, melepas 70 mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di kecamatan Pamulang yang tersebar di 8 kelurahan. Kegiatan KKL di Pamulang ini merupakan bagian dari kerjasama dengan Tangerang Selatan yang telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan IIQ Jakarta dalam rangka mewujudkan wilayah Tangerang Selatan yang religius dengan program “Tangsel Menghafal”.

Kegiatan KKL Tahun Akademik 2018/2019 ini dilaksanakan mulai tanggal 6 Maret- 4 April 2019 yang bertemakan “Menebar Kedamaian Bersama Al-Qur’an di Bumi Pamulang”. Kegiatan ini adalah salah satu program wajib dalam setiap tahun yang merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan langsung di tengah masyarakat untuk terlibat aktif dan kreatif, meningkatkan kualitas hidup masyarakat menuju pengembangan peradaban Islam sesuai dengan Visi dan Misi IIQ Jakarta.

Dalam sambutan Warek III berpesan kepada mahasiswa untuk selalu menjunjung tinggi dan menjaga nama baik almamater IIQ Jakarta. Mahasiswa harus mengharumkan nama IIQ Jakarta dan mengabdikan dirinya kepada masyarakat dengan menebar kedamaian bukan keresahan. Mahasiswa harus menciptakan hubungan yang baik dengan semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan program KKL.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Dr. Muhammad Ulinnuha, M.A. juga memberikan motivasi kepada mahasiswa KKL untuk selalu semangat dalam mengabdi. Dalam mengabdi, mahasiswa hendaknya mengidentifikasi karakter masyarakat terlebih dahulu sehingga kita bisa menyesuaikan diri dengan ikhtilafat yang ada di masyarakat. Proses identifikasi ini juga bertujuan untuk dapat menemukan titik temu mana yang ushul (pokok) dan furu’ (cabang). Dalam hal ini mahasiswa diuji kemampuannya mengenai keilmuan fiqh al-ikhtilaf. Beliau meyakini betul mahasiswa IAT IIQ Jakarta mampu menghadapi itu semua, karena IIQ Jakarta sudah sangat cukup membekali pengetahuan kepada mereka. Beliau juga berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga nama baik almamater dengan berakhlak Qurani mengingat tema yang diusung dalam KKL ini adalah menebar kedamaian. Kehadiran kalian harus memberikan energi positif bagi masyarakat Pamulang. (MN)

 

 

 

 

 

Berita Terkait

  • MAHASISWA KKL IAT IIQ JAKARTA SIAP MENEBAR KEDAMAIAN BERSAMA AL-QUR’AN DI BUMI PAMULANG