Fakultas Syariah IIQ Bekali Mahasiswa Magang

( 27-02-2019 Pukul 13:03 WIB )

Fakultas Syariah Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) dan Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW) Institut Ilmu Al-Quran Jakarta melaksanakan kegiatan pembekalan dan pelepasan magang untuk periode 2018-2019 yang diikuti oleh 40 mahasiswi.

Bertempat di Aula Kampus, acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah, Para Kaprodi, Dosen Pembimbing dan staff Fakultas Syariah. Adapun pelepasan magang tersebut dilakukan oleh Warek I Dr. Nadjematul Faizah, M. Hum. mewakili Rektor yang berhalangan hadir.

Kegiatan yang berlangsung dari bulan Maret hingga Mei 2019 ini mengusung tema “Mengantarkan Mahasiswi Syariah yang Unggul dalam Teori dan Praktek”.

Sementara itu, untuk lokasi magang para mahasiswi ditempatkan di beberapa instansi terkait yang terletak di Jakarta yakni Bank BNI, BRI, BSM, BAZNAZ, BAZIZ dan ACT.

Dekan Fakultas Syariah, Dra. Hj. Muzayyanah, MA. memberikan “bekal” yang perlu dikantongi oleh seluruh mahasiswa magang. Pertama, beliau menekankan pentingnya menjaga nama baik IIQ Jakarta dimanapun berada, dengan kata lain akhlakul karimah harus dijunjung tinggi dengan sebaik-baiknya terutama ketika terjun ke lapangan.

“Akhlak harus diperhatikan betul. Jangan sampai tidak baik citra IIQ. Itu yang saya tekankan betul kepada mahasiswa”

Dalam kaitannya dengan akhlak, Dekan Syariah menjabarkan beberapa point penting yang menjadi syarat untuk mencapai kesuksesan magang yaitu kedisiplinan dan komunikasi yang baik. Misalnya, dalam memberi salam jangan tebang pilih, lakukan kepada semua orang. Tidak memperhatikan apakah pegawai kecil atau pegawai besar. Adapun kedisiplinan juga sangat perlu mengingat lembaga keuangan adalah lembaga yang sangat professional sehingga mahasiswa jangan main-main dan jangan sampai lambat.

Kedua, bekal yang disampaikan kepada mahasiswa adalah materi untuk mematangkan kembali. Diharapkan mahasiswa dapat mempraktekkan ilmu yang telah mereka dapat di kelas dan dapat mengenal secara langsung seperti apa dunia kerja yang akan mereka hadapi setelah lulus. Mahasiswa diharapkan mampu bekerja dengan baik dan melakukan berbagai inovasi di tempat magang.

Berita Terkait