Fakultas Tarbiyah Prodi PAI Melakukan Nota Kesepahaman dengan Sekolah Unggul di Jakarta dan Tangsel

( 06-04-2019 Pukul 14:15 WIB )

Pelaksanaan PPKT Fakultas Tarbiyah tidak hanya sebatas mengaplikasikan tridarma pendidikan tinggi saja. Namun, Fakultas Tarbiyah juga melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa sekolah mitra. Pada tataran ini Fakultas Tarbiyah dapat melakukan MoU dengan delapan sekolah mitra yang berstandar nasional maupun  internasional. 

Sekolah-sekolah yang dapat bekerja sama dengan Fakultas Tarbiyah merupakan sekolah-sekolah unggulan di daerah Jakarta dan Kota Tengarang Selatan. Selain itu, beberapa sekolah yang menjalin nota kesepahaman (MoU) dengan Fakultas Tarbiyah akan bekerja sama bukan hanya dalam pelaksanaan Praktik Profesi Keguruan dan Pengenalan Lapangan Persekolahan tahap II untuk kedepan. Namun, nota kesepahaman atau MoU ini memuat kerja sama dalam bidang pendidikan yang mencakup: pengembangan kurikulum di pendidikan formal dan non-formal, pendidik dan tenaga pendidikan. Selain itu, keja sama ini juga akan terkait pengembangan ilmu-ilmu Alquran yang dalam hal ini IIQ memang menjadi acuan utama (main reference) dalam pengembangan ilmu-ilmu Alquran. 

Berikut sekolah-sekolah yang menjadi mitra MoU dengan Fakultas Tarbiyah:

1.      International Islamic Education Council (IIEC)

2.      SMPN 3 Kota Tengerang Selatan

3.      SMP dan SMK Al-Hasra Depok

4.      SD Mumtaza Islamic School Pondok Cabe

5.      Sekolah Al-Fath Cirendeu

6.      SD Emirattes School Bintaro

7.      MIN 2 Ciputat

8.      Sekolah Al-Syukro Universal

Dengan adanya nota kesepahaman (MoU) atau kerja sama antara Fakultas Tarbiyah dengan sekolah-sekolah tersebut, maka hal ini diyakini akan dapat meningkatkan pengembangan dan pembinaan pendidikan Islam untuk sumber daya manusia yang mencakup pada kapasitas tenaga pendidik dan kependidikan Islam, para sivitas akademik, sosial keagamaan dan kemasyarakatan yang berkifrah dalam pengembangan terhadap pendidikan Islam, dan khususnya generasi muda yang religius (berakhlak al-karim).

Dengan demikian, diharapkan dalam hubungan kerja sama (MoU) antara Fakultas Tarbiyah dengan sekolah-sekolah unggulan ini dapat berjalan dengan optimal, sehingga akan memberikan feed back satu sama lain, baik pihak Fakultas Tarbiyah maupun pihak sekolah yang diMoU. Selain itu, diharapkan juga silaturahmi dan rasa kekeluargaan antara kedua pihak juga akan terus berlanjut seiring dengan berjalannya waktu.  (RS)

 

 

Berita Terkait