Pelatihan Pengolahan Data Dan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Bidang Pendidikan Fakultas Tarbiyah

( 20-04-2019 Pukul 11:32 WIB )

Guna mendorong dan meningkatkan kualitas penulisan skripsi mahasiswa semester akhir. Pada tanggal 16 April 2019, Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan kegiatan dengan tema “Pelatihan Pengolahan dan Anlisis Data Kuantitatif dan kualitatif dalam Penelitian Pendidikan”. Hal ini tentunya dibutuhkan, sekaligus sangat membantu bagi mahasiswa semester akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhir (skripsi).

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu Dr. Syahidah Rena, S.Pd.I, M.Ed di mana beliau adalah pakar bidang Psikologi Islam dan Pakar Metodologi Penelitian Pendidikan. Materi yang di sampaikan cukup jelas terkait dengan tema. Dalam penyampaiannya, “Mahasiswa perlu memahami dengan jelas dan detail terkait olah data dan analisis data, serta karakteristik dari metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif agar nanti penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dapat terarah dan sistematis.

Selain itu, beliau juga menyampaikan terkait dengan proporsi pada setiap bab dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jika dalam penelitian kuantitatif harus jelas dimulai dari instrumen atau kuesioner penelitian. Sementara, dalam penelitian kualitatif peneliti harus cermat dan harus melakukan purposiv sampling guna mendapatkankey informan/informationyang benar-benar otentik terkait validasi data dalam BAB IV tentangAnalisis Data”. Acara ini juga dimoderatori oleh Kaprodi PAI sendiri yaitu Ibu Reksiana, MA.Pd. dan dalam acara ini juga, turut hadir Kaprodi PAIUD Ibu Hasanah, M.Pd dan para dosen Tatap Tarbiyah dan Dosen Lintas Fakultas.

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar, dan para mahasiswa semester akhir yang mengikuti terlihat sangat antusias. Hal ini terbukti dari banyaknya mahasiswa yang memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber terkait materi yang disampaikan.

Fakultas Tarbiyah berharap dengan adanya kegiatan pelatihan metodologi penelitian ini, mahasiswa dapat memiliki motivasi yang tinggi, dapat menyelesaikan skripsi dengan optimal, serta dapat  memenuhi standar kapasitas penelitian yang kredibel dalam bidang pendidikan. (Rs)

 

Berita Terkait