Kunjungan Ke PT Bursa Efek Indonesia, Mahasiswi Fakultas Syariah IIQ Mendapat Peluang Magang

( 24-04-2019 Pukul 10:44 WIB )

Jum’at, 12 April 2019 Mahasiswi Fakultas Syariah IIQ Jakarta yang dikoordinir oleh Dewan Mahasiswa mengadakan kunjungan ilmiah ke PT Bursa Efek Indonesia (Indonesia Stock Exchange). Kunjungan ini diprioritaskan bagi Mahasiswi semester VI dan para pengurus Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah. Selain didampingi oleh Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah yakni Ibu Hj. Nur Izzah, MA juga Kaprodi Manajemen Zakat dan Wakaf Bapak Rahmatul Fadhil, MA., turut serta pula dalam kegiatan ini dosen pembimbing yakni Bapak Dr. Hendra Kholid, MA. dan Bapak Indra Marzuki, MA yang berstatus sebagai dosen tetap. Adapun peserta secara keseluruhan berjumlah 50 orang.

“Kami berkesempatan ikut menghadiri Grand Opening Pencatatan perdana saham PT Menteng Heritage Realty Tbk dan PT Phillip Asset Management. Grand Opening ini berlangsung sangat meriah dan dihadiri oleh banyak tokoh-tokoh penting perusahaan”

Setelah menghadiri Grand Opening di Main Hall Gedung Indonesia Stock Exchange, peserta menuju Auditorium untuk berdiskusi bersama pihak IDX tentang sistem IDX khususnya pasar modal syariah. Bapak Al-Ghifari selaku penanggung jawab divisi pasar modal syariah menerangkan secara umum sistem-sistem yang ada di kantor IDX dan menjelaskan secara rinci pasar modal syariah yang dikelola oleh IDX.

Pasar modal syariah adalah seluruh kegiatan di pasar modal yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam. “Prinsip hukum Islam dalam kegiatan syariah di pasar modal adalah berdasarkan pada fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)” papar Mas Ari (panggilan Pak Al-Ghifari).

Fatwa DSN-MUI NO. 80 Tahun 2011 tentang penerapan prinsip syariah dalam mekanisme perdagangan Efek bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek. Transaksi ini menggunakan prinsip Ba'i al-Musawwamah yaitu akad jual beli dengan kesepakatan harga wajar melalui mekanisme tawar menawar secara berkelanjutan (Continous Auction). Adapun syarat utama pasar modal syariah adalah hanya melakukan jual-beli saham syariah dan tidak melakukan transaksi yang dilarang secara syariah. Penyampaian pak Ari yang sangat luwes dan mudah dicermati bagi generasi milineal membuat diskusi semakin hidup. Di akhir sesi pun, Bu Ira, selaku penanggung jawab kunjungan kami dari pihak PT BEI memberikan beberapa hadiah untuk beberapa Mahasiswi yang aktif bertanya jawab.

Dengan kunjungan ini mahasiswi dapat menggali ilmu dan menambah wawasan tentang investasi di pasar modal syariah. Selain itu, mahasiswi juga memperoleh pengalaman yang sangat berharga, semoga hal ini menjadi pembuka pikiran mahasiswi untuk mempelajari banyak peluang menuju kemajuan ekonomi umat dan diharapkan bisa menguasai semua bidang yang berkaitan tentang ekonomi guna merealisasikan kemajuan ekonomi umat.

Kunjungan ini, diakhiri dengan serah terima cendramata baik dari pihak kampus IIQ, PT BEI, dan DEMA FS. Bukan hanya ilmu baru yang mahasiswi dapatkan, mahasiswi juga mendapatkan peluang magang di PT BEI untuk bisa terjun langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Semoga kunjungan ini bisa menjadi langkah awal para mahasiswi menjadi pakar ekonomi guna merealisasikan kemajuan ekonomi umat. Barokallah. (NI)

Berita Terkait