FUD IIQ Jakarta Mengadakan Kuliah Metodologi Penelitian (KMP) Bagi Para Dosen

( 27-04-2019 Pukul 13:30 WIB )

Jumat (26/4/2019), Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) telah mengadakan Kuliah Metodologi Penelitian (KMP) Seri 01 Bagi Dosen di lingkungan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta dengan tema “Metode dan Prosedur Penelitian Living Qur’an”. Acara ini diadakan di Aula kampus IIQ Jakarta, jl. Ir. H. Juanda No. 70 Ciputat Tangerang Selatan. Acara ini dihadiri oleh para Dosen yang tidak hanya di lingkungan FUD tetapi semua dosen di lingkungan IIQ Jakarta.

Pelatihan ini merupakan salah satu media untuk meningkatkan kualitas Dosen dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, yaitu di bidang penelitian. Dengan adanya KMP ini dapat meningkatkan  kualitas keilmuan serta memotivasi para dosen di bidang penelitian khususnya di bidang kajian Al-Qur’an. Di sisi lain adanya KMP ini secara output akan menghasilkan kualitas lulusan sarjana yang dapat memberikan konstribusi positif bagi masyarakat.

Adapun yang menjadi narasumber pada KMP seri 01 kali ini adalah Bapak Ahmad Rafiq, Ph.D. Beliau ini adalah Ketua Program Studi S3 Studi Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekaligus menjadi Sekretaris Asosiasi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (AIAT). Sementara KMP ini dimoderatori oleh Ali Mursyid, M.Ag. Dalam prolognya, Ali Mursyid mengatakan bahwa fenomena kajian Living Quran ini sangat diminati oleh mahasiswi IAT IIQ Jakarta. Hanya saja di sini ada problem mengenai standar dikatakan kajian Living Quran.

Dalam presentasinya, Ahmad Rofiq menyampaikan bahwa Living Quran merupakan kajian yang menganalisa fenomena gejala sosial budaya manusia (sosio-antropologis) dalam merespon Al-Qur’an, dan ini sangat menarik. Beliau pun menjelaskan bahwa pada dasarnya konsepsi ontologis kajian Living Quran adalah pertama, merupakan kajian yang berpusat kepada manusia sebagai penerima teks Al-Qur’an dan Hadis. Kedua, Resepsi atau penerimaan manusia terhadap Al-Qur’an dan Hadis sebagai teks. Ketiga, Kajian yang unik, dinamis dan kontekstual. (MN)  

Berita Terkait