Fakultas Tarbiyah Gelar Kuliah Umum Bersama Bapak Emil Abbas

( 30-04-2019 Pukul 13:00 WIB )

Kota Tangerang Selatan. Senin, 25 April 2019 Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Internasionalisasi Pendidikan Berbasis Pesantren” di Aula Kampus Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Dan dihadiri sekitar 300 mahasiswa Fakutas Tarbiyah.

 Kuliah umum  Prodi PAI Fakultas Tarbiyah hari ini diawali dengan sambutan Rektor Institut Ilmu Al-Quran  (IIQ) Jakarta yaitu  Prof. Dr. Huzaemah Tahido Yanggo, MA, yang  pada sambutannya menyampaikan  rasa senang dan syukur atas kehadiran narasumber dan para rombongannya. Rektor juga menyatakan rasa terima kasih yang mendalam kepada narasumber yang telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta.

Pada acara kuliah umum tersebut Prodi PAI Fakutas Tarbiyah IIQ Jakarta menghadirkan narasumber Bpk. Dr. Emil Abbas, MBA selaku pemilik sekolah “International Islamic Education Council” dan pengusaha di bidang permiyakan di Indonesia.  Narasumber Bpk Dr. Emil Abbas, MBA memaparkan tentang  bagaimana perkembangan pendidikan Islam  dan pendidikan yang berbasis pesantren (boarding school) saat ini tidak boleh ketinggalan dengan pendidikan umum atau pendidikan internasional.

 Terkait dengan tema yang diusung, narasumber juga menyampaikan “Apa makna dari internasionalisasi itu? Jawabannya seribu pertanyaan, maka akan memunculkan seribu jawaban pula. Dapat juga dipahami bahwa sekolah internasional dan sekolah berstandar internasional. Jika ingin manjadikan sekolah berstandar internasional, maka ada beberapa alternatif, seperti dapat menerapkan sedikit in-London atau menerapkan high-London. Dan jika kita ingin mendirikan sekolah berstandar internasional, maka upaya kita adalah dapat bekerja sama atau menjadi buntut atau ekor  dari sekolah-sekolah yang ada di negara-negara yang masuk Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Di mana terdapat sekitar 35 negara yang masuk dalam OECD ini. Negara-negara inilah yang dapat dijadikan rujukan untuk basis pendidikan internasional (di dunia)”.

 Tak hanya menyampaikan materi yang diusung, pada kesempatan ini juga narasumber Bpk Dr. Emil Abbas, MBA juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa Fakultas Tarbiyah agar selalu semangat dalam menjalani perkuliahan dan  tatap memegang  prinsip-prinsip Islami.

 Turut hadir dalam acara ini Dekan Fakultas Tarbiyah, para  Kaprodi: Kaprodi PAI, PIAUD, Kaprodi IAT Pascasarjana, dan Kaprodi KPI. Selain itu, para Kabag IIQ Jakarta: Kepala Bagian Administrasi Umum dan Keuangan  dan Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, serta Kepala UPT serta para dosen tetap dan dosen lintas fakultas. Sementara, dari pihak rombongan IIEC yang hadir seperti: Dr. Ahmad mulyadi, M.Ag (Executive Directur Operational of Education IIEC),  Dr. Ibdalsyah, M.A (Mamber of MPPSI), Ratna Chania, S.S (Manager Admission), Nurbaiti Bahrudin, M.A (Head of Girl Dormitory for SMA IIHS), dan Robiatul adawiyah, Lc (Head of Girl Dormitory  for SMP IISS).

Acara kuliah umum diakhiri dengan doa oleh Bpk. Dr. Ahmad Sykron, MA (Kaprodi IAT Pascasarjana), dan disusul dengan penyerahan bingkisan kapada narasumber oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd (Rs)

Berita Terkait

  • Fakultas Syariah IIQ Gelar Kuliah Umum Pasar Modal Syariah