Fakultas Tarbiyah IIQ Laksanakan Evaluasi PPKT dan Sosialisasi Persiapan PLP

( 22-05-2019 Pukul 14:29 WIB )

Ciputat,  Selasa tanggal 21 Mei 2019 Fakultas Tarbiyah melakukan kegiatan yang bertajuk:  “Evaluasi Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT), Sosialisasi dan Persiapan Pengenalan Lapangan Persekolahan I dan II (PLP I dan PLP II)”  yang bertempat  di Aula IIQ Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, para Kaprodi (PAI dan PIAUD), para dosen pembimbing PPKT, serta dosen tetap Tarbiyah. Turut hadir dalam kegiatan ini piminan IIQ Warek 1 bagian akademik yaitu Dr. Nadjematul Faizah, SH, M.Hum yang memberikan sambutan terkait tema yang diusung oleh Fakultas Tarbiyah, dan menyampaikan jika nanti pada Fakultas Tarbiyah selain ada perubahan PPKT kepada PLP I dan PLP II, mahasiswa akhir akan ada kegiatan KKL yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 nanti.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah  usainya pelaksanaan program Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) selama 2 bulan penuh Februari-April 2019. Evaluasi ini perlu dilakukan mengingat kegiatan ini merupakan program strategis Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta dan guna menjadi bahan perbaikan kedepan.  Adapun hal-hal yanag perlu dievaluasi dari progran PPKT ini meliputi: aspek pelaksanaan Tridarma oleh mahasiswa perserta PPKT 2019.

Selama kegiatan evaluasi, para dosen diberikan Description Form/ Form Deskripsi yang akan diisi oleh para dosen pembimbing. Aspek-aspek yang perlu diisi oleh para dosen pembimbing meliputi: Tridarma Pendidikan Tinggi, kendala/permaslahan, saran dan aspek apa yang akan dievaluasi yang dilakasanakan di sekolah mitra PPKT. Aspek-aspek ini yang nantinya akan menjadi bahan perbaikan untuk program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP).

Sesuai dengan tema yang diusung, selain kegiatan evaluasi PPKT, kegiatan lain yang dilaksanakan pada hari ini yaitu sosialisasi dan persiapan pelaksanaan program Pengenalan Lapangan Persekolahan tahap I dan II (PLP I dan II).  Program ini merupakan program pengganti dari PPKT. Agenda perubahan ini mengacu pada kurikulum KKNI dan Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru (SN Dikgu) meliputi Program Sarjana Pendidikan dan Program Pendidikan Profesi Guru. kegiatan ini mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan format pelaksanaan PLP II. Termasuk mengkoreksi dokumen panduan PLP bagi mahasiswa, dosen dan sekolah mitra serta segala persiapan lainnya. Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta tahun ini siap melaksanakan PLP I dan PLP II.

Dengan adanya perubahan kurikulum perguruan tinggi yang lama KBK berubah kepada kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), maka hal ini juga berimbas pada pola perubahan program praktik keguruan, dan adanya penjenjangan atau level dari 1-9. Dan SI pada level 6, di mana program praktik keguruan PLP I dan II pada level tersebut. Sementara,  program praktik keprofesian  berada di level  7, termasuk program PPG untuk kejurusan guru.

Dengan demikian Fakultas Tarbiyah ikut serta dalam merespon perubahan kurikulum KKNI berserta semua aspek yang terkait, termasuk perubahan PPKT menjadi program PLP I dan II. Fakultas Tarbiyah juga telah membuat formulasi dan Buku Pedoman PLP I dan II dengan mengintegrasikan antara buku pedoman PLP I dan II yang diterbitkan oleh Menristekdikti 2017 dan menyesuaikan lingkup Fakultas Tarbiyah/IIQ Jakarta sebagai acuan dasar buku yang dibuat oleh Fakultas Tarbiyah. 

Pada kesempatan ini Dekan Fakultas Tarbiyah menyampaikan semua prosedur terkait pelaksanaan kegaiatan PLP I dan II. Dalam penyampaianya “Pelaksanaan PLP I nanti akan dilaksanakan pada semester 5, dan untuk pelaksanaan PLP II akan dilakukan di semester 6”, di mana nanti pada pelaksanaan PLP II terdapat mata kuliah yang menjadi pra-syarat seperti: mata kuliah dasar kependidikan (MKDK), mata  kuliah pengajaran dan mata kuliah micro teaching. Beberapa mata kuliah ini menjadi pra-syarat untuk melakukan PLP II. Sementara, untuk pra-syarat di PLP I mahasiswa sudah harus mengumpulkan minimal 40 SKS, pungkas Dekan Fakultas Tarbiyah.

Banyak hal yang harus disesuaikan dan dirumuskan oleh Fakultas Tarbiyah terkait pola perubahan kurikulum dan program PLP I dan PLP II. Namun, hal ini tidaklah menjadi kendala, dan Fakultas Tarbiyah selalu berbenah dan membuat formulasi-formulasi untuk dapat menyesuaikan, sekaligus merespon perubahan kurikulum dan perubahan era ke Industri 4.0. Semoga dengan adanya pola perubahan kurikulum KKNI dan pola perubahan praktik keguruan ini akan memberikan solusi  terhadap permaslahan dan memberikan arah baru sekaligus menjadi angin segar terhadap dunia pendidikan di Indonesia. (Rs)

Berita Terkait