e7da07a3-5443-470a-98ec-ee1cafea07d1

49 Mahasiswa IIQ Jakarta Terima Beasiswa UPZ Sebesar Rp 107 Juta

Jakarta, 22 Maret 2024 – Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) menyalurkan dana beasiswa kepada 49 mahasiswanya pada hari Jum’at (22/3) di Aula Utama IIQ Jakarta. Beasiswa senilai total Rp 107 juta ini diberikan kepada mahasiswa yang tergolong dhuafa dan fi sabilillah.

Penyerahan beasiswa secara simbolis dilakukan oleh Rektor IIQ Jakarta, Ibu Dr Hj Nadjmatul Faizah, SH, M. Hum., kepada perwakilan mahasiswa penerima. Dalam sambutannya, Ibu Dr. Hj. Nadjmatul Faizah, SH, M. Hum menyampaikan apresiasi kepada para donatur yang telah berkontribusi dalam menyalurkan zakat di IIQ Jakarta.

Rektor berharap agar beasiswa ini dapat membantu mahasiswa untuk menyelesaikan studinya dengan baik. Beliau juga mengimbau kepada para mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasi dan terus belajar dengan giat.

Ketua UPZ IIQ Jakarta Bapak Rahmatul Fadhil, MA menyampaikan dalam laporannya bahwa beasiswa UPZ IIQ Jakarta terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori umum dan kategori prestasi (fi sabilillah). Untuk kategori umum sebanyak 30 mahasiswa menerima beasiswa senilai total Rp 69 juta dengan masing-masing menerima sejumlah Rp 2,3 juta. Sedangkan kategori mahasiswa berprestasi fi sabilillah sebanyak 19 mahasiswa menerima beasiswa senilai total Rp 38 juta dengan masing-masing mahasiswa menerima senilai Rp 2 juta.

Masih dalam laporan Ketua UPZ IIQ Jakarta, bahwa dana beasiswa ini bersumber dari zakat, infaq, dan sedekah yang dikumpulkan dari para dosen dan karyawan IIQ Jakarta, serta para donatur lainnya. Beliau berharap beasiswa ini dapat bermanfaat.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Baznas Kota Tangerang Selatan, H. M. Tajunni, MM., yang hadir pada acara tersebut mengapresiasi pengelolaan zakat yang baik oleh UPZ IIQ Jakarta.

“Pada prinsipnya BAZNAS Tangsel memberikan apresiasi kepada UPZ IIQ Jakarta yang telah mengelola zakat dengan baik,” kata Bapak Tajunni.

Beliau menambahkan bahwa IIQ Jakarta secara rutin melaporkan pengeluaran dan pemasukan zakat kepada BAZNAS Tangsel. Hal ini, menurutnya, menunjukkan transparansi dalam pengelolaan zakat.

“IIQ Jakarta adalah satu-satunya Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang memberikan laporan secara continue kepada Baznas Kota Tangerang Selatan,” sambungnya.

Acara penyerahan beasiswa ini dihadiri oleh para pimpinan IIQ Jakarta yaitu Rektor IIQ Jakarta, Warek I IIQ Jakarta Ibu Dr. Romlah Widyati, MA, Dekan Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta Ibu Syahidah Rena, Kaprodi Manajemen Zakat dan Wakaf Bapak Syafaat, Kaprodi KPI Bapak Hizbullah, Kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA, Kabiro Akademik Ibu Iffaty Zamimah, MA, pengurus UPZ IIQ Jakarta, perwakilan BAZNAS Tangsel, dan para mahasiswa penerima beasiswa.

Salah satu penerima beasiswa, Uswatun Hasanah, mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang diterimanya. “Alhamdulillah, dengan beasiswa ini saya bisa meringankan beban orang tua. Terima kasih kepada UPZ IIQ Jakarta,” ujar Uswatun, mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam.

fd9685a1-2955-4d68-b0d1-40bd94a8bf3d

9c680a0e-f04f-400d-b156-50b8267cee89

 

2b1048cc-627c-4de7-a3a6-16cd8392eb89