Biografi_KH__Ibrahim_Hosen

Berjasa dalam Membangun IAIN Palembang, (alm) Prof. KH. Ibrahim Hosen Raih Penghargaan Rafah Award 2019

Rektor pertama Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta (alm) Bapak Prof. KH. Ibrahim Hosen, LML mendapat penghargaan Rafah Award 2019 yang diberikan oleh Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Penghargaan ini diberikan dalam acara Dies Natalis merayakan 5 tahun Transformasi IAIN menjadi UIN Raden Fatah di Gedung Academik Centre Kampus A UIN Raden Fatah, Jl. Prof. KH. Zainal Abidin Fikry No. 1. Km. 3,5 Palembang pada hari Kamis, (17 Oktober 2019).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai wujud syukur atas jasa dan dedikasi Prof. Ibrahim Hosen dalam membangun UIN Raden Fatah yang dulu bernama IAIN. Sebagaimana diketahui, beliau merupakan Rektor pertama UIN Palembang tahun 1964-1965 dengan cabang-cabangnya meliputi Jambi, Lampung Dan Bengkulu.

Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH.M. Hum yang merupakan salah satu putri Prof. Ibrahim Hosen  menuturkan bahwa pada masa kepemimpinan ayahanda ketika itu menggunakan 70 persen menerapkan kurikulum Universitas keislaman paling berpengaruh di dunia yaitu Universitas Al-Azhar Mesir.

Wanita yang akrab disapa Bu Ema ini mengungkapkan rasa terimakasih banyak atas penghargaan dari Pimpinan UIN Raden Fatah Palembang beserta jajarannya untuk almarhum Abah KH. Ibrahim Hosen. Beliau berharap semoga ini menjadi acuan dalam bertindak.

“Biar menjadi amal jariah beliau, dan penghargaan ini menjadi motivasi kami sebagai anak-anak dan murid-murid beliau untuk menjadi suri tauladan kami dalam melangkah dan bertindak khususnya untuk agama dan pendidikan” Ucap beliau di sela-sela kesibukannya di Kampus IIQ Jakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Prof. Drs. H. M. Sirozi, MA, Ph.D yang kini menjabat sebagai Rektor UIN Palembang dan diterima langsung oleh salah satu putri Prof. Ibrahim Hosen sendiri yaitu Ibu Nibra Hosen, AS, BBM, CIFP yang saat itu tampil cantik dengan balutan hijab coklat. Beliau ditemani sang suami Dr. Endang, dan keponakan dari Prof. Ibrahim Hosen yang bernama Maryam, SH.

Acara yang dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan dan Menteri Agama Republik Indonesia tersebut memiliki rangkaian kegiatan yang diawali dengan Pembukaan Sidang Senat Terbuka, Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Lagu Indonesia Raya dan Mars UIN Raden Fatah, kemudian Penyampaian Progress Report 5 Tahun UIN Raden Fatah dilanjutkan dengan Pemberian Rafah Award, Sambutan Gubernur sekaligus Launching Badan Wakaf Pendidikan, Sambutan Menteri Agama sekaligus Launching Terjemah Al-Qur’an Bahasa Palembang, dilanjutkan dengan Orasi Ilmiah Oleh Prof. Jimly Asshiddiqie., SH., MH yang bertemakan “Merajut Kembali Spirit Keindonesiaan dengan Meneguhkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin”, kemudian Lagu Hymne UIN Raden Fatah dan Padamu Negeri, diakhiri dengan Do’a dan Ramah Tamah.  Acara tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB, berakhir pada pukul 12.10 WIB. (FP)