565f08ff-71a7-4440-bfdb-91c653a614a5

BKKBM Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta Periode 2024-2025 Resmi Dilantik

Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta periode 2024-2025 resmi dilantik, Sabtu (27/1/2024). Acara pelantikan ini diadakan di Aula Kampus IIQ Jakarta dengan mengusung tema “Gali Potensi Guna Ciptakan Organisasi Mahasiswa yang Profesional, Inovatif, Sinergi, dan Berjiwa Integritas Tinggi” yang dihadiri oleh Rektor IIQ Jakarta, Dr. Hj. Nadjematul Faizah, S.H., M.Hum., Warek III IIQ Jakarta, Hj. Muthmainnah, MA., Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Dr. Syarif Hidayatullah, MA., Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Syahidah Rena, M.Ed., Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Iffaty Zamimah, MA., Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Robiatul Adawiyah, M.Pd., Demisioner BKKBM 2023-2024, dan para anggota BKKBM baru.

IIQ Jakarta melantik sebanyak 199  mahasiswa sebagai anggota BKKBM periode 2024-2025, yang terdiri dari Organisasi Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), Dema Fakultas, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). BKKBM IIQ Jakarta memiliki hak inisiatif sebagai pemangku program di bidang pengembangan diri kemahasiswaan serta sebagai penyambung komunikasi antara civitas akademik dan seluruh mahasiswa IIQ Jakarta.

Rektor IIQ Jakarta Dr. Hj. Nadjematul Faizah, S.H., M.Hum., memberikan apresiasi kepada ketua pelaksana pelantikan BKKBM yang telah menyukseskan acara pelantikan tersebut. Beliau memberi nasehat serta arahan kepada anggota BKKBM baru, memanfaatkan dengan baik organisasi sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas diri dan pengembangan minat bakat tanpa lalai dengan kewajiban sebagai Mahasiswi IIQ yang bertanggung jawab atas prestasi akademis dan tahfidznya. Ibu Rektor IIQ juga mendukung BKKBM agar menciptakan kegiatan-kegiatan yang selaras dengan visi misi kampus, yang dapat melahirkan intensitas semangat dalam menghafal Al-Qur’an dan juga berharap BKKBM dapat meningkatkan literasi di lingkungan IIQ Jakarta.

Kegiatan pelantikan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Iffaty Zamimah, MA.

Berakhirnya acara pelantikan dilanjut dengan upgrading BKKBM yang mengusung tema ”Gali Potensi Guna Ciptakan Organisasi Mahasiswa yang Profesional, Inovatif, Sinergi, dan Berjiwa Integritas Tinggi”.

Warek III IIQ Jakarta, Hj. Muthmainnah, MA., mewanti para anggota agar nanti ketika menjalankan organisasi harus berlandaskan dengan musyawarah, supaya dalam mengambil keputusan tidak ada ketimpangan dan memberatkan sebelah pihak. Warek III mengasakan agar perspektif bahwa mengikuti organisasi adalah akibat utama mahasiswa IIQ terhambat dalam program tahfidz dapat dihilangkan dengan cara membuktikan adanya beberapa anggota BKKBM periode saat ini yang dapat menjadi role model jalur prestasi tahfidz. Ibu Muthmainnah juga menyarankan agar Sema membuat pelatihan skill dasar seperti surat menyurat dan penyusun proposal bagi seluruh pengurus BKKBM IIQ Jakarta, serta menjalankan controlling antara BKKBM dengan Warek III.

Narasumber Upgrading, Shofwah Fahazehru, S.Ag., dengan tema “Pentingnya Menggali Potensi Diri”, memaparkan beberapa materi tentang potensi diri dan metode Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT).

Hal yang menjadikan organisasi tersebut ideal adalah potensi anggota selaras dengan tupoksi yang ada. Apabila potensi anggota sudah memadai, maka langkah penting selanjutnya, pengurus bisa melakukan metode SWOT yaitu dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Organisasi yang profesional akan terbentuk jika orang-orang yang menjalani organisasi itu sudah profesional, yaitu dengan mengenali potensi diri, bertanggung jawab dengan semua program kerja yang telah ditetapkan dan terus mengevaluasi kekurangan.

Kami mengucapkan selamat kepada para anggota BKKBM IIQ Jakarta. Lembaran yang baru kini telah dimulai. Semoga selama satu tahun kedepan sejuta kenangan dan hal-hal baik dapat tertulis di dalamnya.