Diskusi Ilmiah Bulanan dan Launching: Kelas Khusus Academic Writing Prodi PAI IIQ Jakarta

Pada tanggal 23 April2019, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta bekerjasama dengan DEMA- Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan diskusi ilmiah bulanansekaligus melakukan launching kelaskhusus œAcademic Writing yangbertempat di Aula IIQ Jakarta.

Peleksanaan kegiatan inimerupakan salah satu rangkaian dari realisasi program Prodi PAI dan PIAUD FakultasTarbiyah 2019. Pada kegiatan ini Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IIQ Jakartamenghadirkan tiga narasumber yaitu Dr. Esi Hairani, M.Pd (Dekan FakultasTarbiyah) M.Pd, Saefullah, M. Hum (DosenLintas Fakultas) dan Reksiana, MA.Pd (Kaprodi PAI).

Diskusi ilmiah padakegiatan ini membahas isu-isu terkait penulisan artikel ilmiah yang nantinyamahasiswa akan membuat karya ilmiah. Pada salah satu pokok bahasan materi yangdiangkat adalah urgensi dari penulisan artikel ilmiah, dan semua unsur yangterkait seperti: tujuan penelitian, masalah penelitian dan termasuk metodologipenelitian. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mahasiswa terlihat sangatantusias mengkuti acara diskusi ilmiah. Indikasi dari hal ini dilihat darijumlah mahasiswa yang hadir yaitu 120mahasiswa. Indikasi lain, dari banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaanketika sesi tanya jawab setelah pembahasan matari diskusi ilmiah.

Pada kesempatan ini jugaDekan Fakultas Tarbiyah melaunching/melucurkankelas khusus œAcademic Writing. Dimana kelas ini nantinya akan difokuskan pada mahasiswa yang memiliki semangatdan ketertarikan dalam menulis, baik penulisan malakah, ataupun artikel ilmiah.Adapun signifikansi dari pembukaan atau launchingkelas khusus untuk œAcademic Writinguntuk memberikan wawasan dan pelatihan intensif pada mahasiswa yang tertarikdalam penulisan dan penelitian ilmiah. Orientasi dari kelas ini yaitu mahasiswaakan benar-benar dilatih untuk dapat menulis dan menghasilkan karya tulisilmiah, sehingga dapat dipublis di jurnal serta dapat mengikuti kompetisipenulisan artikel ilmiah seperti Kemenag dan Kemendikbud.

Semoga dengan adanyarealisasi kegiatan diskusi ilmiah dan dibukanya kelas khusus untuk œAcademic Writing akan dapat mendorong mahasiswadalam menulis, serta dapat menjadi calon guru yang memiliki kemampuan tidakhanya dibidang didaktik, melainkan juga di bidang penulisan karya tulis ilmiah.(Rs)