d3d822df-b954-4133-a341-a13400b8277b

Fakultas Tarbiyah Bersama Mahasiswa Semester Akhir Mengadakan Program Academic Writing Class

Dewan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (DEMA-FT) Periode 2022-2023 dan Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta mengadakan Pembukaan Acara Kegiatan Academic Writing Class (Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah) yang akan dilakukan selama 7 pekan kedepan. Semua tema yang diangkat sangat penting untuk didiskusikan. Pekan Pertama ini membahas tema Motivasi dan Resiliensi (Ketahanan) Psikologis pada Mahasiswa Semester Akhir, pekan berikutnya Sosialisasi dan Bimbingan Teknik Penulisan Skripsi dilanjutkan dengan Pemanfaatan E-Resources dan Mendeley dalam Penulisan Karya Ilmiah/Skripsi, pekan ketujuh diakhiri dengan tema Teknik dan Format Hasil Skripsi Menjadi Artikel di Jurnal SINTA. Semua tema yang diangkat sangat bermanfaat untuk mahasiswa khususnya mahasiswa semester akhir.

Acara Pembukaan ini diselenggarakan pada tanggal 04 November 2022 pukul 09.00 terdiri dari 159 peserta yang terdiri dari Dekan Fakultas Tarbiyah Kaprodi Prodi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Dosen Tarbiyah dan juga para mahasiswa tingkat akhir dan semester 5. Acara ini dibuka oleh Fina Hadiqotul Rahmah mahasiswa semester 5 selaku MC, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an QS. Al Hashr ayat 21 yang dibacakan oleh Lilis Kholishoh.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Syahidah Rena, M.Ed beliau menyampaikan bahwa “kegiatan ini bermanfaat untuk mengkaji proposal skripsi kalian, apakah sudah tepatkah dalam metode, analisis dan mempresentasikannya dalam penulisan skripsi tujuan akhir dari acara ini adalah teman-teman bisa menuntaskan skripsi.”

Beliau menceritakan bahwa Rosulullah SAW mengungkapkan bahwa kajian ilmu disebutkan Baginda Nabi sebagai “walimah”, maka nikmatilah sajian yang kami berikan dalam academic writing class. Diharapkan teman-teman tetap serius dan menyalakan kamera sebagai bagian dari ta’dib kita dengan dosen kita. Kegiatan ini juga berbasis output ujar bu dekan diakhir sambutan.  dilanjutkan dengan materi pertama yaitu Motivasi dan Resiliensi (Ketahanan) Psikologis pada Mahasiswa Semester Akhir dengan dimoderatori mahasiswa semester 5 bernama Azizatul Lailina. Alhamdulillah acara ini berjalan lancar mulai dari awal hingga akhir.

d3d822df-b954-4133-a341-a13400b8277b

2f0b67cd-787d-47d7-8b63-52aa3420d1ba