halal-

Halal Bi Halal IIQ Jakarta 1443 H

Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta menggelar acara Halal Bihalal 1443H dalam rangka perayaan moment Idul Fitri dengan tema “Merajut Silaturahmi, Merpekokoh Persaudaraan untuk Kejayaan Institusi” pada senin, (16/05/2022).

Acara ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meetings dan dihadiri oleh 153 peserta yang terdiri dari staff yayasan IIQ Jakarta, civitas akademika, dan alumni IIQ Jakarta. Rangkaian acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Mahmudah, S.Sy,. salah satu alumni IIQ Jakarta.

Dr. Hj. Nadjematul Faizah, S.H., M.Hum., selaku Pjs rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta menyampaikan sambutannya. Beliau menuturkan bahwa berdirinya 45 tahun IIQ Jakarta tidaklah lepas atas kontribusi dari berbagai pihak.

“Di tahun 2022 IIQ mencapai usia 45 tahun dan hal ini tentu tidak bekerja dengan sendirinya, namun ada kontribusi dari Yayasan, dosen, civitas akademika IIQ Jakarta dan pihak-pihak lainnya. Meskipun kita telah ditinggalkan oleh para pendiri IIQ Jakarta, namun kita berkomitmen untuk terus melanjutkan cita-cita dan perjuangan mereka untuk IIQ,” tutur beliau.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ir. Hj. Rully Chairul Azwar, M.A. selaku ketua umum yayasan IIQ Jakarta. Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi terhadap IIQ sampai saat ini. Juga mengajak agar semua pihak bersama-sama meningkatkan mutu dan kualitas IIQ Jakarta.

“Terimakasih atas pengawalan dan bimbingan para dosen terhadap mahasiswa IIQ Jakarta. Yayasan tidak henti-hentinya mengajak seluruh pihak untuk menjaga eksistensi IIQ Jakarta demi tercapainya visi IIQ yaitu, menjadi pusat studi dan riset Al-Qur’an terbaik dan terdepan di dunia 2028, semoga ini menjadi obsesi yang baik.”

Kemudian, acara dilanjutkan dengan tausiyah oleh KH. Muhammad Haris Hakam, S.H, M.A. Dalam Tausyiahnya, beliau menjelaskan apa makna silaturahmi, “Kunci keberhasilan Nabi Muhammad Saw ada dua, yakni menyambung Silaturahmi dan Al–muakhah yaitu mempersaudarakan. Dari mempersaudarakan ini dapat menjalin sebuah solidaritas dan kebersamaan yang super hebat.” Jelas beliau.

“Silaturahmi yang sudah kita mulai dari rumah tangga, kerabat itulah yang menjadi cikal bakal untuk melahirkan sebuah ukhuwah konstitusional dan mudah mudahan keberhasilan IIQ adalah keberhasilan bersama yang kita patut syukuri kepada Allah SWT” tutur Haris mengakhiri tausyiahnya.

Acara ditutup dengan lantunan sholawat oleh tim sholawat IIQ Jakarta dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Prof. Abdul Wahab Abdul Muhaimin, M.A. dan dilanjut dengan acara ramah tamah bersama para partisipan zoom meetings.

Dengan diadakannya acara halal bihalal 1443H diharapkan bisa mempererat tali persaudaraan antar segenap staff Yayasan IIQ, civitas akademika IIQ serta Alumni IIQ demi terwujudnya tujuan IIQ.

Penulis: Shafira Suci Salsabila dan Siti Nuraini