1642419184

IIQ Jakarta Menerima Penghargaan Baznas Award 2022

Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta menerima penganugerahan Baznas Award 2022 sebagai lembaga pendidikan pendukung literasi zakat pada Senin, (17/01/22) di Golden Ballroom, The Sultan Hotel dan Residence Jakarta. Penghargaan ini diterima langsung oleh Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta Ibu Dr. Hj. Nadjematul Faizah, yang diserahkan oleh Ketua Baznas RI, Prof. Noor Ahmad.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka HUT Baznas Republik Indonesia Ke-21 dengan mengangkat tema “Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Ummat”. Diketahui, dalam rangka memperingati HUT ini, Badan Amil Zakat Nasional  menggelar sejumlah rangkaian kegiatan pada 17-31 Januari 2022.

Alasan Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta ditetapkan sebagai  salah satu penerima Baznas Award 2022 adalah karena lembaga yang berdiri sejak tahun 1977 ini aktif menyelenggarakan kegiatan yang mendukung literasi zakat serta berkolaborasi dalam menghasilkan penelitian yang berkaitan dengan zakat. Adapun standar penilaian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Indeks Zakat Nasional (IZN) serta penilaian yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.

Rektor IIQ Jakarta Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH. M. Hum bersyukur atas penghargaan ini. Menurut Rektor, hal ini menandakan bahwa IIQ Jakarta sangat dihargai sebagai Lembaga pendidikan yang mendukung penuh literasi zakat melalui prodi Manajemen Zakat dan Wakaf. Lebih lanjut, Rektor berharap agar profile lulusan MZW IIQ Jakarta diharapkan dapat mengelola zakat dengan baik, tepat guna dan modern sesuai dengan perkembangan teknologi.

“Alhamdulillah bahwa kita dihargai untuk istiqomah menyelenggarakan prodi Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW), menyiapkan para sarjana yang akan mengelola zakat, pemberdayaan ekonomi ummat dan sangat potensial” Pungkas Rektor.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah IIQ Jakarta Dra. Hj. Muzayyanah juga turut mengucap syukur dan bangganya atas prestasi ini.

“Alhamdulillah bersyukur kepada Allah swt atas karunia berupa anugerah penerima Baznas Award 2022. Bahwa IIQ mendapat kepercayaan sebagai mitra Baznas untuk mengemban sebagai Lembaga Pendidikan yang berperan sebagai penyumbang literasi tentang zakat, dan secara khusus Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam sebagai pelaksana. Oleh karena itu saya selaku Dekan bersyukur bersyukur kepada Allah dan mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang ikut mendukung keberhasilan tersebut” Ujar Dekan.

Sebagaimana diketahui, IIQ Jakarta bekerjasama dengan Baznas terkait pengelolaan laboratorium MZW, menyiapkan buku LMZ, beasiswa dan sebagainya.

Hadir pada kesempatan Baznas Award 2022 ini yaitu Pjs Rektor IIQ Jakarta, Dekan Fakultas Syariah dan Kepala Biro AUK IIQ Jakarta. (FP)