Kaderisasai Jurnalistik

TANGERANG – Sabtu dan Ahad (24-25/11), diadakan Pelatihan Jurnalistik, Fotografi, dan Layout di Aula Rusunawa, Pesantren Takhasus Institut Ilmu Al-Qur’an (PT-IIQ). Pelatihan yang diselenggarakan oleh BEMI dan Departemen Pers Mahasiswa (DPM) ini diikuti kurang lebih peserta dari semua fakultas dan semester. Pelatihan tesebut selain bertujuan untuk melatih DPM dan para mahasiswa IIQ, juga melatih Perspekta—kader pers—sebagai calon penerus DPM.

Pada Sabtu pagi hingga sore, berlangsung Pelatihan Jurnalistik yang disampaikan oleh Ahmad Khairul Anam yang bekerja sebagai Redaktur NU Online. Pada pelatihan ini, para mahasiswa diajak melatih kemampuannya untuk menjadi wartawan, penyiar, dan narasumber .

Dilanjutkan pada Ahad pagi hingga siang dengan Pelatihan Fotografi yang disajikan oleh Imam FR Kusumaningati, fotografer lepas dan penulis buku Citizen Journalism. Saat Pelatihan Fotografi, pembicara meminta para peserta mencoba untuk memotret dengan kamera handphone untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman peserta pelatihan tentang fotografi, kemudian beliau mengomentari hasil potret para peserta.

Selanjutnya Ahad siang hingga sore dilaksanakan Pelatihan Layout oleh Ihyak Ulumuddin, Layouter Majalah Dinas Kebudayaan. Usai pelatihan, DPM yang selama ini berjalan dengan autodidak mendapat sedikit banyak ilmu jurnalistik, fotografi dan layout. Segala ilmu yang didapat akhirnya diaplikasikan dalam terbitan pertama Buletin KABAR IIQ pasca pelatihan yang diterbitkan dengan tampilan baru, yakni dengan dua warna—hijau dan hitam— yang lebih menarik dari edisi sebelumnya, sehingga dapat lebih menarik minat para pembaca setia KABAR IIQ. Selain hadir dengan tampilan baru, KABAR IIQ juga diterbitkan dalam jumlah 1500 eksemplar dan akan berlanjut tiap terbitnya.(Nurul Wahana)

Sumber: KABAR IIQ Edisi XI

/* Style Definitions */ mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}