Khataman Akbar IIQ Jakarta, Dekan FUD Tulis Tentang Perempuan Pengetuk Langit

Dalam rangka Khataman Akbar dan Do’a Bersama pada Program TINTA IIQ Jakarta pada akhir Ramadhan lalu, Dekan Fakultas Ushuluddin IIQ Jakarta Bapak Dr. H. M. Ulinnuha Husnan, MA mengunggah tulisan yang menggugah dalam status facebook miliknya @Muh Ulinnuha Husnan dengan judul Perempuan Pengetuk Langit.

Tulisan itu menarasikan betapa hebatnya perjuangan kaum perempuan dan menegaskan betapa kemampuan perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berikut unggahannya yang tayang pada 22 Mei 2020 tersebut:

Perempuan Pengetuk Langit

Tidak hanya laki-laki yang dapat mengetuk pintu langit. Perempuan juga bisa. Bahkan ketukan kaum hawa kadang jauh lebih didengar oleh Sang Penguasa Semesta.

Kita kenal Siti Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Aisyah binti Abu Bakar, Khaulah binti Tsa’labah, Sayyidah Nafisah, Fatimah binti Ubaydah al-Azdiyah, Shafiyah binti Maimunah, Rabi’ah al-Adawiyah, Fatimah al-Mutsanna, Unaysah binti ‘Amr al-Adawiyah, Ghufayrah al-Abidah, Hasna binti Fayruz dan deretan nama besar lainnya.

Mereka adalah contoh dari sekian banyak perempuan yang doa dan munajatnya dikabulkan Allah Swt. Ketulusan, konsistensi, kesetiaan dan ikhtiar paripurna membuat pintu-pintu langit terbuka.

Mereka tak sekadar menengadahkan tangan di akhir sepertiga malam, tapi juga berjuang dan bekerja tak kenal lelah di sepanjang siang. Derai air mata, kucuran keringat dan derap kaki tangan terus mereka kepakkan.

Mereka tulus penuh kasih sayang. Merawat anak, mengabdi kepada orang tua dan suami idaman. Tak ada kata menyerah, bahkan sampai titik darah penghabisan. Karena itulah, sebagian ulama mengatakan, perempuan adalah manifestasi sifat jamal dan rahmah Tuhan. Mungkin, sebab itu pula doa-doa mereka dikabulkan.

Hari ini kita sedang menghadapi ujian. Ketulusan doa dan munajat mereka kita butuhkan untuk mengetuk pintu-pintu langit dan belas kasihan Tuhan. Berharap agar wabah covid-19 hilang di penghujung Ramadan.

Untuk itu, perempuan-perempuan ahli Al-Quran, para qari’ah dan hafizhah keluarga besar IIQ Jakarta serta tokoh-tokoh perempuan sore ini akan bersimpuh menggelar khataman akbar dan do’a untuk keselamatan bangsa dan semesta.

Mari kita aminkan doa dan munajat mereka. Semoga dengan ketulusan hati, keberkahan Al-Quran dan kesucian Ramadan, bangsa dan semesta ini dibebaskan dari cobaan yang meluluhlantakkan. Amin.

Oya, jangan lupa waktunya; Jumat sore ini ya, ba’da ashar, disiarkan live via FB dan Youtube IIQ Jakarta.

Sebagaimana diketahui, pada 22 Mei 2020 bertepatan dengan 29 Ramadhan 1441 H, IIQ Jakarta menggelar Khataman Akbar dan Doa bersama untuk Keselamatan Bangsa dan Semesta bersama para qari’ah dan hafidzah beserta keluarga besar IIQ Jakarta dan Tokoh perempuan. Juga dimeriahkan oleh Prof. Anne K. Rasmussen dari Amerika.

Pada Tayangan akun Youtube Institut Ilmu Al-Quran Jakarta acara Khataman Akbar ini sudah dua ribu kali di tonton.