kk2019

KKL mengusung tema “Menebar Kedamaian Bersama Alquran di Bumi Pamulang”

Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta bekerja sama dengan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) IIQ Jakarta melaksanakan pembukaan sekaligus serah terima peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Tahun Akademik 2018/2019 dengan tema “Menebar Kedamaian Bersama Alquran di Bumi Pamulang” . Kegiatan tersebut diadakan di Kantor Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Rabu (6/3).

Dr Romlah Widayati MA selaku wakil rektor III IIQ Jakarta mengawali sambutannya dengan mengatakan, kegiatan KKL di Pamulang merupakan bagian dari kerja sama dengan Pemkot Tangerang Selatan yang telah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan IIQ Jakarta. Nota kesepahaman (MoU) itu dalam rangka mewujudkan wilayah Tangerang Selatan yang religius dengan program “Tangsel Menghafal”.

“Mahasiswa yang melaksanakan KKL berjumlah 70 orang yang disebar di delapan kelurahan,” kata Romlah Widayati dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (9/3).

Ia berpesan kepada camat Pamulang dan seluruh lurah di Kecamatan Pamulang untuk memberikan arahan dan nasehat kepada para mahasiswa IIQ peserta KKL tersebut.Ia juga mengucapkan terima kasih kepada camat Pamulang karena para mahasiswa IIQ diperbolehkan melaksanakan KKL di Kecamatan Pamulang.

Tak lupa ia pun berpesan kepada mahasiswa IIQ peserta KKL. “Jadikan kegiatan KKL sebagai kegiatan pengabdian yang harus dilakukan dengan sepenuh hati sebagai ladang untuk mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di IIQ Jakarta. Selain itu, jaga nama baik almamater,” ujar Romlah.

Camat Pamulang, Dede Juardi menyambut dan menerima dengan sangat gembira Mahasiswa KKL Prodi IAT IIQ Jakarta. “Kami berharap kegiatan KKL IIQ Jakarta di Pamulang ini bukanlah yang pertama dan yang terakhir, karena Pamulang membutuhkan orang-orang seperti adik-adik mahasiswa IIQ,” tuturnya.

photo
Suasana pembukaan dan serah terima peserta Kuliah Kerja lapangan (KKL) Institut Ilmu Alquran (IIQ) di Kecamatan Pamulang, Tangsel, Banten.
Dede meminta kepada mahasiswa peserta KKL agar menggelar kegiatan yang dapat mengajak para remaja Pamulang menjadi lebih baik. Di akhir sambutannya, ia mengucapkan terima kasih banyak kepada IIQ Jakarta yang telah memilih Kecamatan Pamulang sebagai tempat kegiatan KKL.
Ia juga berpesan kepada para lurah di lingkungan Kecamatan Pamulang untuk selalu mendampingi para mahasiswa peserta KKL. “Kalau perlu traktir kalau mereka mau makan. Ini adalah kesempatan emas kita untuk mengabdi kepada Alquran melalui mahasiswa IIQ Jakarta,” ujar Dede Juardi.

Acara tersebut dihadiri para unsur pejabat di lingkungan Kecamatan Pamulang, yakni Dede Juardi (camat Pamulang), Hamdani (sekretaris Kecamatan Pamulang), dan A F Saifuddin (ketua KUA Kecamatan Pamulang). Juga hadir, delapan lurah di Kecamatan Pamulang, yakni Munadi (lurah Pondok Cabe Ilir), Supriyadi (Pamulang Barat), Mulyadi (Kedaung), Rahmat (Pamulang Timur), Saidun (Benda Baru), Udin Saad (Pondok Benda), A Malik (Pondok Cabe Udik), dan Subur (Bambu Apus).

Sementara dari pimpinan IIQ Jakarta, hadir Dr Nadjematul Faizah MHum (warek 1), Dr Romlah Widayati Mag (warek III), Dr Muhammad Ulinnuha Lc, MA (dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah), Dra Chalimatus Sa’diyah MA (ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) IIQ Jakarta), dan delapan dosen pembimbing.