Kunjungan Ke PT Bursa Efek Indonesia, Mahasiswi Fakultas Syariah IIQ Mendapat Peluang Magang

Jumat,12 April 2019 Mahasiswi Fakultas Syariah IIQ Jakarta yang dikoordinir olehDewan Mahasiswa mengadakan kunjungan ilmiah ke PT Bursa Efek Indonesia(Indonesia Stock Exchange). Kunjungan ini diprioritaskan bagi Mahasiswi semesterVI dan para pengurus Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah. Selain didampingioleh Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah yakni Ibu Hj. Nur Izzah, MA juga KaprodiManajemen Zakat dan Wakaf Bapak Rahmatul Fadhil, MA., turut serta pula dalamkegiatan ini dosen pembimbing yakni Bapak Dr. Hendra Kholid, MA. dan Bapak IndraMarzuki, MA yang berstatus sebagai dosen tetap. Adapun peserta secarakeseluruhan berjumlah 50 orang.

œKamiberkesempatan ikut menghadiri Grand Opening Pencatatan perdana saham PT MentengHeritage Realty Tbk dan PT Phillip Asset Management. Grand Opening iniberlangsung sangat meriah dan dihadiri oleh banyak tokoh-tokoh pentingperusahaan

Setelahmenghadiri Grand Opening di Main Hall Gedung Indonesia Stock Exchange, peserta menujuAuditorium untuk berdiskusi bersama pihak IDX tentang sistem IDX khususnyapasar modal syariah. Bapak Al-Ghifari selaku penanggung jawab divisipasar modal syariah menerangkan secara umum sistem-sistem yang ada di kantorIDX dan menjelaskan secara rinci pasar modal syariah yang dikelola oleh IDX.

Pasarmodal syariah adalah seluruh kegiatan di pasar modal yang tidak bertentangandengan prinsip-prinsip Islam. œPrinsip hukum Islam dalam kegiatan syariah dipasar modal adalah berdasarkan pada fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis UlamaIndonesia (DSN-MUI) yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) papar MasAri (panggilan Pak Al-Ghifari).

FatwaDSN-MUI NO. 80 Tahun 2011 tentang penerapan prinsip syariah dalam mekanismeperdagangan Efek bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek. Transaksi inimenggunakan prinsip Ba’i al-Musawwamah yaitu akad jual beli dengankesepakatan harga wajar melalui mekanisme tawar menawar secara berkelanjutan (ContinousAuction). Adapun syarat utama pasar modal syariah adalah hanya melakukanjual-beli saham syariah dan tidak melakukan transaksi yang dilarang secarasyariah. Penyampaian pak Ari yang sangat luwes dan mudah dicermati bagigenerasi milineal membuat diskusi semakin hidup. Di akhir sesi pun, Bu Ira,selaku penanggung jawab kunjungan kami dari pihak PT BEI memberikan beberapahadiah untuk beberapa Mahasiswi yang aktif bertanya jawab.

Dengankunjungan ini mahasiswi dapat menggali ilmu dan menambah wawasan tentang investasidi pasar modal syariah. Selain itu, mahasiswi juga memperoleh pengalaman yangsangat berharga, semoga hal ini menjadi pembuka pikiran mahasiswi untukmempelajari banyak peluang menuju kemajuan ekonomi umat dan diharapkan bisamenguasai semua bidang yang berkaitan tentang ekonomi guna merealisasikankemajuan ekonomi umat.

Kunjunganini, diakhiri dengan serah terima cendramata baik dari pihak kampus IIQ, PT BEI,dan DEMA FS. Bukan hanya ilmu baru yang mahasiswi dapatkan, mahasiswi juga mendapatkanpeluang magang di PT BEI untuk bisa terjun langsung mengaplikasikan ilmuyang didapat di bangku kuliah. Semoga kunjungan ini bisa menjadi langkah awalpara mahasiswi menjadi pakar ekonomi guna merealisasikan kemajuan ekonomi umat.Barokallah. (NI)