658x460_224

Kunjungan Pengusaha Muslim Cina ke IIQ Jakarta

CIPUTAT Selasa, 21/01/14, Institut Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta menerima kunjungan persahabatan dari komunitas pengusaha muslim dari kota Chan Zhi Shan Xi, Beijing, Cina. œKomunitas pengusaha yang juga merupakan Jamiyyah Hujaj (persatuan para haji) Cina ini, sengaja berkunjung ke Indonesia, khususnya IIQ  Jakarta, setelah sebelumnya berkunjung ke Brunei Darussalam dan Malaysia demikianlah kata Syeikh Ibrahim, selaku ketua rombongan pengusaha tersebut.

Diterima di ruang rektor IIQ Jakarta, para tamu bercengkerama, berkenalan, saling tukar fikiran dan informasi dengan rektor IIQ Jakarta, Dr. Ahsin Sakho Muhammad MA dan juga Pembantu Rektor II, Dra. Hj. Maria Ulfah MA.

 

Dari pembicaraan tersebut, terungkap bahwa tujuan kunjungan rombongan pengusaha muslim dari Cina itu adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang kehidupan muslim di Indonesia, dan terutama mengetahui pendidikan Islam dan pembelajaran al-Quran di Indonesia. Syeikh Ibrahim menanyakan banyak hal kepada Rektor IIQ, mulai dari system pengajaran al-Quran dan sistem pendidikan Islam pada umumnya di Indonesia.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut, Rektor IIQ, menjelaskan satu persatu, mulai dari system pendidikan di Indonesia, baik madrasah maupun pesantren, hingga menjelaskan system pembelajaran al-Quran yang ada. Tidak ketinggalan, beliau juga menjelaskan system pemblajaran dan tahfizh al-Quran di IIQ Jakarta.

Setelah menjawab berbagai pertanyaan, karena diminta nasihat-nasihatnya. Dr. Ahsin Sakho Muhammad pun memberikan beberapa nasihat. Mula-mula beliau membacakan syair Imam al-Suyuthi berikut

Nasihat beliau dengan mengutip syair di atas, memberi pesan bahwa ketika manusia wafat, maka yang masih mengalir dari padanya hanya sepuluh saja: Ilmu yang bermanfaat bagi orang lain, doa anak saleh, , penanaman pohon kelapa (simbol penanaman sesuatu yang hasilnya bisa dinikmati generasi penerus), sedekah zariyah,  mewariskan mushaf, menyambung cela (melengkapi kekuarangan), membikin sumur atau membuat sungai mengalir (bermanfaat buat orang banyak), membangun rumah bagi orang asing (ibnu sabil) atau membangun tempat dzikir, dan mengajarkan al-Quran.

Menurut beliau, syair Imam as-Suyuthi di atas sejalan dengan hadits Rasulullah SAW yang menyataan bahwa anak adam jika wafat maka terputus semua amalnya kecuali tiga saja, sedekah zariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak saleh.

Lebih lanjut, beliau menambahkan, bahwa pada hakikatnya manusia selalu ingin dengan hal yang dicintainya. Yang dicintai semua manusia itu minimal ada tiga, yaitu; keluarganya, hartanya dan amalnya. Ketika manusia putus usia, maka hartanya tidak lagi menemaninya, yang menemaninya hanya dua, yaitu keluarganya dan amalnya. Ketika manusia yang sudah tidak ada ruhnya itu dikubur ke liang lahat, maka keluarganya juga tidak ada yang akan ikut, yang ikut hanya amalnya saja. œKarena itulah, saya nasihatkan kepada diri saya, dan kepada seluruh yang hadir, agar mari memperbanyak amal baik selagi masih diberi kesempatan oleh Allah SWT, tegas beliau, menasihati.

Sementara itu Dra. Hj. Maria Ulfah MA, menyajikan suara merdunya, dengan melantunkan ayat-ayat al-Quran di hadapan rombongan tamu. Para tamu pun khuyuk mendengarkan dan menyimak. Di akhir pembicaraan, IIQ Jakarta member kenang-kenangan kepada para tamu, berupa plakat dan beberapa produk IIQ, seperti CD rekaman murattal dan taghani al-Quran. Selanjutnya para tamu, dengan diantar rektor dan pembantu rektor II, berkunjung ke Pesantren Takhasush IIQ Jakarta. (Ali Mursyid)

/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:Table Normal; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; font-size:11.0pt; font-family:Calibri,sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Times New Roman; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}