Mahasiswa S2 IIQ Jakarta Kunjungi DSN MUI, Telusuri Peran Krusial dalam Memajukan Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia

Jakarta, 13 Juni 2024 – Dalam rangka memperdalam pengetahuan mengenai peran penting Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) dalam pengembangan industri keuangan syariah di Indonesia, mahasiswa Semester 1 Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta melakukan kunjungan edukatif ke kantor pusat MUI di Jakarta Pusat pada hari Rabu, 12 Juni 2024. Kunjungan ini didampingi oleh Dr. Hendra Kholid, dosen pengampu mata kuliah Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Acara tersebut menghadirkan dua narasumber pakar di bidangnya, yaitu KH. Sholahuddin Al Aiyub, M.Si., Ketua MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal sekaligus Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) DSN MUI, dan Dr. H. Kaspudin Nur, Pimpinan Komisi Hukum MUI. Dalam paparannya, KH. Sholahuddin Al Aiyub, M.Si., menjelaskan mandat krusial DSN MUI dalam merumuskan fatwa-fatwa syariah yang menjadi landasan bagi pengembangan produk dan layanan keuangan syariah di Indonesia. Beliau menekankan pentingnya menjaga prinsip-prinsip syariah yang menjadi ruh dari sistem keuangan Islam dalam setiap aktivitas ekonomi dan keuangan.

Lebih lanjut, Dr. H. Kaspudin Nur menambahkan peran strategis DSN MUI dalam menjaga stabilitas dan kredibilitas sistem keuangan syariah di Indonesia. Beliau menuturkan bahwa DSN MUI menjalin kerjasama erat dengan berbagai pihak, termasuk Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk memastikan penerapan fatwa-fatwa syariah secara konsisten dan terukur.

Acara yang dipandu oleh Bapak Hidayat dari DSN MUI Institut ini juga dihadiri oleh Dr. Erni, Bendahara MUI, yang juga merupakan mahasiswa Semester 1 S2 HES IIQ Jakarta. Antusiasme para mahasiswa terlihat jelas dari sesi tanya jawab yang aktif, dimana mereka mengajukan berbagai pertanyaan terkait pengembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia.

Sebagai penutup acara, para mahasiswa mendapatkan jamuan makan siang dari DSN MUI. Kunjungan edukatif ini memberikan kontribusi signifikan dalam memperkaya wawasan mahasiswa, khususnya mengenai peran vital DSN MUI dalam memajukan ekonomi syariah di Indonesia.

 

c4cc8731-1df1-4d9e-b2d3-91c5c19b72f0 (1)

a0186658-f324-4bd1-85b9-e98b8baf351c

906137ce-c8fb-41dc-ac25-d20177b04423