IMG-20221019-WA0004

Mahasiswi dan Alumni IIQ Jakarta Juara MTQ Lagi

Mahasiswi dan alumni Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta kembali meraih juara dalam ajang kompetisi MTQ Nasional ke-29 di Kalimantan Selatan yang berlangsung sejak tanggal 10 hingga tanggal 19 Oktober 2022.

Sebanyak 11 mahasiswi dan alumni IIQ Jakarta pulang membawa piala dari berbagai cabang lomba. Mahasiswi tersebut yaitu; (1) Putri Diana, juara 1 Tilawah Golongan Remaja, (2) Wiwid Nurviana Afifah, juara 1 cabang Qira’at Sab’ah Murottal Golongan Remaja, (3) Ilfi Zakiah Darmanita, juara 1 Qira’at Sab’ah Murottal Golongan Dewasa, (4) Nafisatul Millah, juara 1 Tahfizh golongan 20 juz, (5) Andiny Mahardika, juara 1 Cabang Syarhil Qur’an, (6) Yanti Susanti, juara 2 Qira’at Sab’ah Mujawwad, (7) Rifdah Farnidah, juara 2 Tafsir golongan Bahasa Indonesia, (8) Musti’ana ‘Aisy, juara 3 Qira’at Sab’ah Murottal golongan Remaja, (9) Khoirun Nisa, juara harapan 2 Tafsir golongan Bahasa Inggris, (10) Thoyyibatus Sa’idah, juara harapan 2 Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, (11) Ameliatul Khoiriah Nasution, juara harapan 3 Tafsir golongan Bahasa Indonesia.

Yanti Susanti, alumni IIQ Jakarta yang meraih peringkat 2 pada cabang Qiro’at Sab’ah Mujawwad, bersyukur atas prestasi yang diraihnya, “Alhamdulillah, terimakasih ya Allah atas kemampuan yang Engkau ridhoi sampai dititik ini, sebaik-baik ungkapan rasa syukur ini memang bukan dengan mengekspresikan tetapi dengan pengalaman yang panjang” Ungkapnya sembari berharap untuk dapat terus menebar manfaat.

Penutupan MTQ Nasional dengan tema “Dengan MTQ Nasional, Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur’ani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat” dihadiri oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (18/10/2022).

Direktur Jenderal Bimas Islam, Kamarudin Amin mengatakan, qori-qoriah dan hafid-hafidzah yang terpilih dalam MTQ Nasional, memiliki akhlakul karimah, wawasan keislaman dan kebangsaan yang kuat sehingga pantas mewakili Indonesia di kancah MTQ Internasional di luar negeri.

Kafilah dari Provinsi Jawa Timur berhasil meraih juara umum pada ajang MTQ Nasional ke-29 disusul posisi kedua yaitu Provinsi DKI Jakarta dan posisi ketiga Provinsi Kalimantan Selatan.

MTQ Nasional ke-29 diikuti sebanyak 1.676 peserta dari 34 Provinsi dan 135 Dewan Hakim.