Menuju IIQ Berbasis ICT

Pada hari Senin, 5 Januari 2009, Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, MA. telah menyerahkan lima buah laptop dan printer kepada Dr. Ahmad Fathoni, MA. (Ketua Divisi Tahfizh), Dr. Faizah Ali Syibramalisi, MA. (Ketua Divisi Tafsir), Dra. Maria Ulfah, MA. (Ketua Divisi Nagham), dan Dra. Romlah Hidayati, MA. (Ketua Divisi Qira’at).

Selain lima buah laptop dan printer, pada acara yang dihadiri oleh Kepala Biro AUK IIQ, Drs. Edy Suhandi, MA tersebut juga diberikan dua puluh buah M-4 sebagai sarana pendukung program tahfizh al-Qur’an. Sebulan sebelumnya, laboratorium multimedia dan sarana Information and Communication Technology (ICT) dengan kapasitas dua pulus siswa telah dipasang di samping ruangan perpustakaan utama. Bahkan, instalasi internet lengkap dengan jaringan hotspot-nya juga telah tersedia di lingkungan IIQ Jakarta.

Perlengkapan ICT tersebut merupakan salah satu sarana Program Pengembangan Metode Pembelajaran Al-Qur’an hasil kerjasama IIQ Jakarta dengan Departemen Agama RI. Kegiatan ini adalah realisasi dari program peningkatan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) di seluruh Indonesia yang digagas oleh Departemen Agama RI.

Dengan terselenggaranya program kegiatan ini diharapkan IIQ Jakarta mampu mengembangkan empat bidang unggulan yang dimilikinya yaitu, bidang Tafsir, Nagham, Tahfizh dan Qira’at dengan berbasiskan ICT.

“Semoga kegiatan ini dapat mendukung proses penguatan bidang unggulan yang selama ini menjadi fokus kajian IIQ Jakarta, sehingga kedepan IIQ mampu menjadi pusat kajian dan riset al-Qur’an dunia,” tegas Rektor IIQ Jakarta di akhir sambutannya. [MU]