c22e682a-fda4-49ad-a813-904ffa4d394c-min

Selamat, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IIQ Jakarta Raih Predikat Unggul dari BAN-PT

Jakarta, 21 Maret 2024 – Kabar gembira datang dari Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Dakwah berhasil meraih predikat Unggul dalam akreditasi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tahun 2024. Prestasi ini berdasarkan SK BAN-PT No. 893/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/III/2024.

Rektor IIQ Jakarta, Ibu Dr. Hj. Nadjmatul Faizah, SH, M.Hum., menyampaikan rasa bahagia dan bangganya atas pencapaian ini. Beliau mengatakan bahwa predikat Unggul ini merupakan bukti nyata komitmen IIQ Jakarta dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

“Alhamdulillah, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IIQ Jakarta berhasil meraih predikat Unggul dari BAN-PT. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan patut disyukuri. Prestasi ini menunjukkan bahwa IIQ Jakarta terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik bagi para mahasiswanya. Alhamdulillah selamat kepada Dekan FUD dan Kaprodi IAT dan LPM serta team IT Akademik dan Staff FUD,” ujar Ibu Nadjmatul Faizah.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IIQ Jakarta, Bapak Dr. Muhammad Ulinnuha, Lc, MA., juga turut bersyukur atas prestasi ini. Beliau mengatakan bahwa predikat Unggul ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh civitas akademika Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

“Ramadan tahun lalu kami berjibaku bersama tim merampungkan dan mensubmit dokumen ISK Prodi IAT. Setelah menanti hampir setahun akhirnya kabar gembira itu datang. Prodi IAT FUD IIQ resmi mendapatkan predikat akreditasi UNGGUL. Kegembiraan tiada terkira, terlebih saat mendapat kabar baik itu, kami sedang berada di Tehran, Iran untuk mengikuti Seminar Internasional Al-Qur’an II. Terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskannya, bil khusus kepada Tim ISK yang keren, kece, kompak dan dedikatif. Semoga IIQ, khususnya IAT FUD, semakin mantap, jaya dan berkah. Alhamdulillah, wal hamdulillah tsummal-hamdulillah” ungkap Syukur Dekan di laman facebook miliknya.

Senada, Kaprodi IAT IIQ Jakarta Ibu Mamluatun Nafisah, MA menambahkan, akreditasi unggul yang berhasil diraih Prodi IAT IIQ Jakarta merupakan bukti kualitas yang dihasilkan oleh prodi IAT IIQ Jakarta.

“Penetapan unggul pada prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, tentu menambah jumlah prodi Unggul di IIQ Jakarta dan semakin menambah optimistis untuk menyongsong Akreditasi Perguruan Tinggi yang unggul” tambahnya.

Prestasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap IIQ Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia yang fokus pada ilmu-ilmu Al-Qur’an. Selain itu, predikat Unggul ini juga diharapkan dapat menarik minat lebih banyak calon mahasiswa untuk mendaftar di Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IIQ Jakarta.

Para dosen dan civitas akademika IIQ Jakarta turut menyampaikan selamat kepada Fakultas Ushuluddin dan Dakwah yang dinahkodai oleh Bapak Dr. Muhammad Ulinnuha, Lc, MA ini.

Untuk diketahui, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IIQ Jakarta merupakan salah satu program studi unggulan di IIQ Jakarta. Prodi ini memiliki visi untuk menjadi program studi terdepan dalam pengembangan ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang berwawasan Al-Qur’an dan berwawasan kebangsaan.

Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IIQ Jakarta memiliki beberapa keunggulan, di antaranya Kurikulum yang komprehensif dan up-to-date, Dosen yang kompeten dan berpengalaman dan jaringan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.