Prodi KPI IIQ Rumuskan Kurikulum Sesuai Standar KKNI

Prodi KPI IIQ Rumuskan Kurikulum Sesuai Standar KKNI

JAKARTA – Sabtu, 28/11/15, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin IIQ Jakarta, menyelenggarakan perumusan kurikulum. Menurut Dekan, Dra. Hj. Maria Ulfah MA, “Prodi KPI Fakultas Ushuludin dan Dakwah IIQ ini baru berjalan kurang dari satu semester, Alhamdulillah mahasiswanya sudah ada, dan perkuliahan sudah berjalan. Hanya saja kurikulumnya belum disusun dengan baik. Karena itulah, workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk merumuskan krutikulum Prodi KPI sesuai dengan standar KKNI”.

Workshop yang bertempat di Aula Kampus IIQ ini, dihadiri para pimpinan, Warek I, dekan dan para dosen serva civitas akademika Fakultas Ushuluddin IIQ. Hadir sebagai narasumber Dr. Suparto, MA, pimpinan dan dosen KPI Fakultas Dakwah UIN Jakarta. Adapun moderator acara Dr. M. Ulinuha MA.

Narasumber, menjelaskan seputar KKNI, dan perbedaannya dengan kurikulum sebelumnya. Juga menjelaskan bagaimana menyusun RPS dan SAP menurut standar KKNI. Termasuk juga bagaimana menyusun visi misi prodi KPI, merumuskan profil alumni, menentukan capaian pembelajaran dan seterusnya, seputar KKNI, khususnya untuk prodi KPI.

Setelah sesi narasumber, ba’da zhuhur acara dipandu oleh fasilitator, Prof. Dr. Zaimuddin MA, yang mencoba merumuskan mengenai visi misi, profil lulusan, capaian pembelajaran, dan mata-mata kuliah yang direncanakan menjadi mata kuliah penciri Prodi KPI IIQ. Di akhir acara, fasiltator menyatakan bahwa, untuk selanjutnya perlu diselenngarakan pertemuan untuk merumuskan mata kuliah-mata kuliah yang menjadi penciri Fakultas Ushuluddin dan mata kuliah-mata kuliah yang menjadi penciri Institute. Dalam hal ini masing-masing fakultas yang ada di IIQ harus berembug berkoordinasi. Acara terus berlangsung sampai pkl. 15.30 WIB. [AM]