acfda5cd-6294-416b-a471-87b66f60ec8f

Prodi PAI adakan Kuliah Umum Tentang Transformasi Kurikulum Merdeka

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta menyelenggarakan kuliah umum pada Rabu, 23 November 2022.

Kuliah umum ini membahas tentang Transformasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Society 5.0.

Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Eva Latipah, S. Ag., M. Si. yang mana beliau merupakan Ketua Perkumpulan prodi PAI Indonesia dan Kaprodi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Moderator pada kuliah umum ini yaitu Dosen tetap prodi PAI yaitu Dr. Khusna Farida, M. Ag.

Rektor IIQ Jakarta Dr. Hj. Nadjmatul Faizah menyatakan bahwa society 5.0 merupakan era yang dicetuskan dengan konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology-based).

Pada era ini, kata Rektor, masyarakat khususnya peserta didik perlu meningkatkan soft skill sehingga mampu meningkatkan kecakapan dan keterampilan untuk belajar sehingga mampu menjadi modal untuk menjadi sumber daya manusia yang lebih berkualitas pada masa yang akan datang.

“Era society 5.0 telah membuat manusia harus berpikir kritis serta mampu beradaptasi dan berinovasi. Kehadiran era baru ini harapannya manusia bisa terus mengembangkan diri dikala teknologi makin tumbuh pesat. Pendidikan tentu juga harus bertransformasi di era Society 5.0” Ungkap Rektor.

Narasumber Prof. Eva Latipah pada kesempatan ini menyampaikan bahwa teknologi menjadi bagian dari manusia. Menurut Prof Eva, Kecakapan hidup Era Society 5.0 mencakup 4C, yaitu critical thinking, creativity, communication dan collaboration.

“Creativity dapat diartikan dengan melakukan hal yang berbeda atau melakukan hal yang sama secara berbeda, sehingga dapat memecahkan masalah dengan perspektif baru atau memikirkan sesuatu dengan cara baru dan tidak biasa serta mendapatkan solusi-solusi yang unik” Tuturnya

Lebih lanjut, narasumber menyampaikan terkait kurikulum merdeka belajar yaitu memberi kesempatan untuk belajar di luar Prodi sendiri (di dalam dan di luar kampus).

Bentuk Kegiatan menurut Prof dapat dilakukan seperti belajar di kelas, praktek kerja (magang), pertukaran pelajar, proyek di desa, wirausaha, riset, studi independen, dan kegiatan mengajar di daerah terpencil. Semua jenis kegiatan terpilih harus dibimbing seorang dosen (dosen ditentukan oleh Kampus).

Lebih lanjut ditegaskan Prof Eva, hal penting yang harus diperhatikan dalam rekonstruksi kurikulum yaitu Profil, CPL, Bahan Kajian, Bobot SKS, Distribusi per semester, Metode pengajaran, Penilaian.

Dekan Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta Dr. Syahidah Rena menyampaikan terimakasih atas kehadiran narasumber yang luar bias ini dan berkenan memberikan kuliah umum. (FP)

acfda5cd-6294-416b-a471-87b66f60ec8f

a57c52dc-ef17-4718-b009-f4abaeda799b

Kuliah Umum PAI 23112022