rektor-baznas

Rektor IIQ Jakarta hadir menjadi Pembicara di Academic Session pada 6th Indonesian Conference of Zakat

Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Dr. Hj. Nadjematul Faizah, S.H.M.Hum hadir menjadi Pembicara di Academic Session pada 6th Indonesian Conference of Zakat (ICONZ) 2022 yang diadakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di UIN Walisongo Semarang (1/12).

Konferensi Zakat International ke-6 ini mengangkat tema “Eskalasi Pemulihan Ekonomi untuk Pertumbuhan Sosio-Ekonomi yang Tangguh dan Berkelanjutan melalui Pengelolaan Zakat yang Lebih Inklusi”.

Dalam seminar tersebut Rektor IIQ Jakarta menyampaikan Peran Laboratorium Manajemen Zakat dalam Mendukung Pusat Pendidikan, Inovasi, Literasi dan Sosialisasi Zakat yang begitu penting dalam menguatkan eksistensi prodi Manajemen Zakat Wakaf di Perguruan Tinggi.

Peran laboratorium manajemen zakat tersebut, kata Rektor, meliputi: Penguatan eksistensi prodi Manajemen Zakat Wakaf di Perguruan Tinggi, Kurikulum Merdeka Belajar, Integrasi Teori dan praktik UPZ, Inovasi Jenis produk zakat, Teknologi digitalisasi, link and match perguruan tinggi dan industri, mencegah money laundring, anti terorisme dan radikalisme bagi dana-dana kegiatan mahasiswa dari pihak luar.

Pada kesempatan ini, Rektor IIQ juga menyampaikan bahwa IIQ Jakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian BAZNAS RI dalam membuat modul praktik Manajemen Zakat bagi mahasiswa yang dituangkan dalam buku Standar Laboratorium Manajemen Zakat.

“Hal ini menjadi bukti bahwa IIQ Jakarta terus memaksimalkan link and match antara teori yang dipelajari di Perguruan Tinggi dengan praktek atau aplikasi nyata sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat” Tutur Rektor.

Menurut Rektor, dalam mengelola suatu institusi amil zakat maka diperlukan manajemen yang baik dan amanah dimana dikenal dengan Laboratorium Manajemen Zakat (LMZ) yang bertujuan sebagai pedoman bagi mahasiswa prodi MZW Ketika akan melaksanakan praktikum pembelajaran.

Konferensi diselenggarakan di Main Auditorium UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Baznas TV pada 30 November-1 Desember 2022. The 6th ICONZ dibuka oleh Wakil Menteri Agama Dr. Zainut Tauhid Sa’adi (hadir secara online), Ketua Baznas RI Prof Noor Achmad, serta Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen.

Konferensi zakat bergengsi ini terselenggara atas kerja sama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS RI), Kementerian Agama Republik Indonesia (KEMENAG RI), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, BAZNAS Provinsi Jawa Tengah, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Universitas Wahid Hasyim Semarang, serta Universitas Islam NU Jepara.

The 6th ICONZ turut mengundang para menteri, akademisi dan peneliti terkemuka di Indonesia. Selain itu terdapat sesi yang menghadirkan regulator dan praktisi di bidang pengelolaan zakat, baik berasal dari regulator, operator dan Lembaga Pengelola Zakat baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Acara ini juga diikuti oleh penandatanganan MoA Laboratorium Manajemen Zakat dengan Baznas. Termasuk IIQ Jakarta juga melakukan tanda tangan MoU.

 

REKTOR-BAZNAS ICON 6-1 WhatsApp Image 2022-12-01 at 15.53.38WhatsApp Image 2022-12-01 at 16.04.09

REKTOR-BAZNAS ICON 6-2WhatsApp Image 2022-12-01 at 15.53.01