Silaturrahim Dan Rapat Dosen FUD Tahun Akademik 2019/2020

Senin (16/9/2019), Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) mengadakan acara Silaturrahim dan Rapat Dosen Tahun Ajaran 2019/2020. Acara ini diselenggarakan di Aula Kampus IIQ Jakarta dan dihadiri para pejabat rektorat; Ibu Dr. Nadjematul Faizah, M.Hum selaku Warek I dan Bapak Dr. Dawud Arif Khan, S.E, M.Si, Ak, CPA selaku warek II dan Dr. Romlah Widayati, MA. Selaku warek III IIQ Jakarta. Selain pejabat Rektorat, acara ini tentunya dihadiri oleh Dekan FUD, Dr. Muhammad Ulinnnuha, Kaprodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), KH. Haris Hakam, M.A dan seluruh Dosen FUD IIQ Jakarta.

Acara Silaturrahim dan Rapat Dosen disamping bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan yang dijalin oleh seluruh Dosen FUD, juga bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas FUD. Dalam Sambutan Warek III, ibu Dr. Romlah Widayati MA, meminta kerjasama para Dosen dalam mengarahkan dan mengawasi mahasiswa terutama dibidang akhlak. Selain itu, beliau juga meminta kerjasama para dosen untuk meningkatkan kualitas mahasiswa FUD dalam hal kemampuan membaca kitab kuning. Bahasa Arab menjadi media utama yang harus dikuasai oleh seluruh mahasiswa FUD.

Dr. Muhammad Ulinnuha., Lc., MA. selaku Dekan FUD mengawali rapat dengan melaporkan kondisi riil FUD, meliputi mahasiswa dan Dosen. Beliau pun meminta kerjasama para Dosen dalam menjalankan tugas tri dharma, khususnya dalam hal publikasi ilmiah.  Penelitian dosen yang dipublikasikan di jurnal menjadi hal yang sangat urgent, mengingat akreditasi dengan standar 9 data yang diminta harus berbasis online.

Banyak hal yang menjadi catatan sekaligus masukan para Dosen untuk meningkatkan mutu dan kualitas FUD, terutama dalam hal meningkatkan input dan output SDM Mahasiswa FUD, diantaranya: Pertama, Bimbingan khusus bagi mahasiswa yang masih minim kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTQ), mengingat yang masuk ke FUD IIQ tidak semua berlatarbelakang pesantren, bekerjasama dengan Lembaga Tahfidz dan Qira’at Al-Qur’an (LTQQ); Kedua, Penguatan kemampuan baca kitab bekerjasama dengan Madrasah Diniyyah Pesantren Takhassus IIQ Jakarta; dan ketiga, Penguatan kemampuan literasi mahasiswa, khususnya dalam rangka menyelesaikan tugas akhir skripsi (MN)