20220909_195139-1536x1074

Sima’an Bil-Ghoib 30 Juz dan Pelepasan Wisudawati Angkatan 2018/2019

Lembaga Tahfizh dan Qira’at Al-Qur’an (LTQQ) IIQ Jakarta berkerja sama dengan Pesantren Takhasus “IIQ Jakarta” menggelar acara yang luar biasa yaitu sima’an Al-Qur’an bil-Ghoib 30 juz yang dilangsungkan selama dua hari (8-9/09/22) sekaligus pelepasan wisudawati angkatan 2018/2019.

Kegiatan ini merupakan acara rutinan IIQ Jakarta setiap tahunnya. Mengingat Institut Ilmu Al-Qur’an merupakan Institusi Qur’ani yang mengharuskan mahasiswanya menghafal Al-Qur’an.

Rangkaian acara ini di isi dengan khataman, do’a khatmul qur’an, penyematan kalung kepada wisudawati program tahfizh 30 Juz dan Mauizoh Hasanah yang disampaikan Bapak Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc., MA.

Khataman Al-Qur’an 30 juz oleh 15 wisudawati yang terpilih, yaitu Lutfiyah, Maisarah Sa’diyah, Jazilatul Maula, Nurul Islamiyati, Risyda Nurul Qalbi, Mistura, Bella Bartiyah, Wahdatul Hurriyah, Hilyatuz Zakiyah, Farikha, Siti Ummi Habibah, Mawaddah Warohmah, Siti Fatimatuz Zahra, Zulfa Wardatul Aulia, Nada Farhah Aulia, dan Nila Wahyuni Nasution.

Rektor IIQ Jakarta Ibu Dr. Hj. Nadjmatul Faizah, SH, M. Hum mengungkap rasa bangganya atas pencapaian para mahasiswi IIQ Jakarta yang berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz secara mutqin. Dalam waktu yang bersamaan, para mahasiswa tersebut juga dapat menyelesaikan studinya di IIQ Jakarta dengan target yang ditentukan. Rektor berharap pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa IIQ lainnya agar dapat mengahafal dan belajar Al-Qur’an dengan tekun sehingga pada akhirnya nanti dapat merasakan manisnya perjuangan setelah lelah berjuang.

Rektor juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada para guru, para instruktur tahfizh IIQ Jakarta yang telah dengan sabar membimbing sehingga para mahasiswi mampu meraih pencapaian yang maksimal. Selain itu beliau juga berharap agar nantinya mahasiswi yang akan menjadi alumni agar dapat menjaga nama baik alamamater, aktif dalam organisasi alumni IIQ Jakarta, serta dapat memberikan masukan-masukan positif yang membangun.

Dr. H. Muhammad Fathoni dalam sambutannya, memberikan pesan dan motivasi bagi para mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an, “Kalo mengahafal jangan disambi tiduran, menghafal itu harus istiqomah, jangan seperti ular yang makan saja tidak istiqomah.” Tutur Beliau.

Salah satu dari 15 wisudawati yang hadir, Nila Wahyuni Nasution memberikan pesan kepada para penghafal Qur’an, diantaranya adalah kuatkan niat, “karena menghafal quran itu pilihan-Nya. Penghafal Qur’an itu bukan hanya untuk orang yang pintar, tapi yang mau dan berusaha.”

Sebagaimana hasil interview yang dirilis oleh LPM, Nila juga memberikan tips-tips menghafal Al-Qur’an yaitu selesaikan sampai waqaf, jika sudah benar hafal baru beralih halaman. Ulangi terus sampai 40x, hafalkan hurufnya, harakatnya. Selain itu murajaah juga, kalo masih salah maka murajaah terus. Tips murajaah yaitu, sesuaikan dengan tanggal, misal hari ini tanggal 3 maka murajaah juz 3.

Selain Rektor, terlihat hadir Warek I bidang akademik Ibu Dr. Hj. Romlah Widayati, M.Ag., Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ibu Hj. Muthmainnah, M.A., Ketua Lembaga Tahfizh dan Qiraat Al-Qur’an (LTQQ) Ibu Hj. Istiqomah, M.A., Ketua Dewan Pengasuh Pesantren Takhasus IIQ Bapak Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc., M.A., dosen dan karyawan IIQ Jakarta serta mahasiswi IIQ Jakarta.

Acara sukses dan berlangsung penuh khidmat.

20220909_195139-1536x1074