1614833400

Tingkatkan Kompetensi IT Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta Menyelenggarakan Pelatihan Google For Education Untuk Pembelajaran

Senin, 01 Maret 2021 Fakultas Tarbiyah bekerja sama dengan Dema Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan pelatihan daring dengan tema “Pelatihan Pengenalan dan Pemanfaatan Google For  Education untuk Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Kegiatan ini  dinarasumberi oleh Bapak Drs. Karnadi, MRDM. (Pengembang Teknologi Pembelajaran Madya Pusdatin Kemdikbud) dan dimoderatori oleh Peggi Nur Islami Dema Fakultas Tarbiyah.

Kegiatan ini dihadiri oleh 250 peserta, baik dari mahasiswi prodi PAI, prodi PIAUD, dosen dari fakultas tarbiyah dan dosen IIQ Jakarta. Dan tak lupa segenap jajaran pimpinan fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd selaku dekan, kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA.Pd, Kaprodi PIAUD Hasanah, M.Pd serta staf fakultas tarbiyah.

Acara ini dimulai dengan sambutan dekan fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dan menyampaikan bahwa, “Pelatihan ini diselenggarakan guna dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa  sebagai calon guru di sekolah nanti”. Selain itu, pelatihan ini juga sebagai bekal mahasiswi fakultas tarbiyah agar melek dengan teknologi untuk mengikuti arus perkembangan zaman saat ini. Tandas dari ibu dari 3 anak ini.

Agenda berlanjut pada sesi pelatihan pengenalan dan pemanfaat Google for Education yang juga dikenal dengan GoogleEdu. Narasumber menjelaskan dengan seksama tentang google dan apa saja yang dapat dimanfaatkan dalam google. Dalam penyampaiannya narsumber juga menerangkan bahwa, “Dalam memanfaatkan google untuk pembelajaran pertama-tama hal yang dimanfaatkan dengan memiliki akun google. Kemudian, membuka fitur yang ada dalam akun gmail tersebut yang berupa banyak aplikasi atau fitur seperti; google drivegoogle classroom, google meet, maps, podcast, google formulir dan lainnya. Tutur pengembang aplikasi rumah belajar Kemdikbud.

Sesi pemaparan berlanjut dengan pemaparan dari praktisi pengguna google for education yaitu Ibu Rita Gusrita, S.Pd, M.Pd yang memaparkan bagaimana pemanfaatan google class room dalam pembelajaran. Lain dari pada itu, pemanfaatan google for education bisa dalam banyak aspek seperti dapat membuat absensi kelas, membuat quiz dan sebagainya. Acara belanjut pada sesi diskusi dan diakhiri dengan doa oleh Bapak Adithiya Warman, MA Dosen Prodi PAI Fakultas Tarbiyah. (R.S)