d44e9c9d-6fac-4fd2-87bf-851ed32124d6

Tinjauan Visi Keilmuan dan Roadmap Penelitian dan PkM Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta

Senin, 19 Desember 2022 pukul 09.30-12.00, Prodi PIAUD mengadakan review dokumen roadmap prodi yang memang merupakan rangkaian dari agenda penyusunan roadmap yang sudah diagendakan selesai pada bulan Maret 2023 mendatang.

Kegiatan ini diselenggarakan melalui serangkaian tahap kegiatan, mulai dari melakukan FGD dengan Prodi lain, lalu menyamakan persepsi tentang gambaran umum roadmap dengan mengundang pakar dari UIN Malang dan penyusunan Roadmap, setelah divalidasi oleh pakar internal, maka tahap yang harus dilalui adalah review atau tinjauan visi keilmuan dan dokumen roadmap yang telah disusun tim.

Ada 2 pakar keilmuan yang diundang dalam kegiatan ini dari bidang studi yang berbeda yaitu Prof. Dr. Eti Nurhayati, M.Si yang merupakan pakar ilmu psikologi anak dari UIN Syech Nurdjati Cirebon dan Dr. Sofian Effendi, MA yang merupakan pakar bidang Ulumul Qur’an dari Prodi IAT IIQ Jakarta.

Turut hadir Stakeholder, user dan alumni untuk turut menanggapi kegiatan acara dimulai dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah. Dekan menginformasikan kronologis kegiatan ini dan tujuan diadakan kegiatan ini yaitu agar dapat menuntaskan dokumen ini segera dan bisa melaksanakan penelitian dan PkM yang benar-benar mengarah pada roadmap ini sehingga terwujudnya visi keilmuan prodi.

Prof. Eti memberikan banyak masukan, arahan, perbaikan dan juga rekomendasi yang sangat bagus. Beliau juga menambahkan pengalamannya di UIN Syech Nurdjati Cirebon dalam pengimplementasian penelitian dan PkM disana. Dalam penelitiannya, Prof Eti menyarankan Prodi untuk membuat buku bersama dan menyarankan mahasiswa melakukan PkM berbasis riset dosen dan mahasiswa sebagai bagian dari implementasi PkM.

Dalam closing statement, Prof Eti mengatakan bahwa hal yang terpenting dari hasil penelitian adalah publikasi skripsi dosen dan mahasiswa, tugas dosen mengarahkan hasil skripsi mahasiswa tidak hanya sampai tahap submitted tetapi sampai tahap publish. 

Selanjutnya acara tanggapan dari Stakeholder, perwakilan disampaikan oleh ibu Irma Kepala Sekolah TK Aisyiyah 85, beliau menyampaikan “Kami di Tangerang Selatan sangat menunggu kehadiran IIQ dalam memberikan pelatihan baca dan hafal al Qur’an bagi anak usia dini”.

Oleh karenanya, agar terealisasi beliau menyarankan harus dibuatkan time schedule penelitian dan komitmen kuat dari akademisi agar hasilnya dapat dirasakan oleh lembaga-lembaga PAUD. Diskusi ditutup dengan pertanyaan yang disampaikan oleh Kaprodi PAI, Ibu Reksiana, MA. Pd. Beliau meminta arahan keterkaitan dengan cara mengklasifikasikan tema penelitian dalam setahun.

Diskusi berjalan lancar hingga selesai. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh bapak Zarkasyih, MA. Harapannya semoga roadmap PIAUD segera sahkan dan dapat disosialisasikan kepada dosen dan mahasiswa.  (Hs)

70e8da0e-f8d5-4baf-a0e0-607ec5ef00d9

d44e9c9d-6fac-4fd2-87bf-851ed32124d6

de9dbef3-cbe5-40ac-9762-70fb9b435b50