webinapiaud

Webinar Implementasi PAUDHI pada Anak Usia Dini Berjalan dengan Lancar

Kamis, 16 Desember 2021 Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan Webinar yang bekerja sama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (DEMA-FT). Webinar Fakultas Tarbiyah mengusung tema “Implementasi PAUDHI pada Anak Usia Dini”. Kegiatan ini dihadiri Kaprodi PIAUD Ibu Hasanah, M.Pd, Dosen Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, serta di Narasumberi langsung oleh Sub Koordinator Pokja PAUDHI dan Stunting yakni Ibu Sri Lestari Yuniarti, S.Pd M.Ed. dan Pengawas RA Kemenag Kota Tangerang Selatan, Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini yakni Ibu Inti Farhati, MA. Webinar ini diwajibkan untuk seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan terbuka juga untuk umum, dan dihadiri kurang lebih oleh 200 mahasiswa melalui media Zoom Meeting.

Pada sesi pembukaan diawali oleh MC untuk membacakan susunan kegiatan pada hari ini, setelah itu dilanjutkan oleh Moderator, Moderator pada Webinar kali ini yakni ananda Al Inganatus Shalihah selaku mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta semester 5 juga sebagai Duta Piaud Nasional 2021.

Pada sesi pembukaan, diawali dengan sambutan oleh Kaprodi PIAUD Ibu Hasanah, M.pd, beliau menyampaikan bahwa “PAUDHI merupakan hal yang sangat penting untuk disosialisasikan. Karena banyak sekali PAUD, RA, TK yang salah mempresepsikan dalam pengimplementasian perkembangan anak usia dini. Baik perkembangan kognitif dan bahasa yang tidak terintegrasi”. Beliau juga menyampaikan bahwa “Hal itu menjadi tanggung jawab kita sebagai salah satu kampus untuk mensosialisasikan PAUDHI, dan mendukung program pemerintah perihal PAUDHI Agar tercipta karakter anak usia dini yang kuat, tangguh, dan sesuai dengan perkembangannya”.

Selanjutnya narasumber pertama Ibu Sri Lestari yuniarti, S.Pd M.Ed menyampaikan materi terkait tema: Impementasi PAUDHI Pada Anak Usia Dini. Narasumber menjelaskan bahwa “Dalam Peraturan Presiden No 60 Tahun 2013 pengembangan anak usia dini dimulai dari sejak janin hingga 6 tahun. upaya untuk memenuhi kebutuhan esensial dan strateginya harus simultan dalam mendidik anak seperti kesehatannya diperhatikan, aspek pengasuhannya, perlindungannya harus berjalan dan tidak diberikan kepada anak secara terpisah sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan kelompok umurnya”.

Lanjut narasumber kedua ibu Inti Farhati menyampaikan “Peran PAUDHI yaitu bagaimana sebuah satuan PAUDHI memberikan fasilitasi berupa tempat layanan, PAUDHI sebagai bagian dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), Menerapkan KTSP ke dalam program rutin (bulanan, mingguan, harian), dan bekerjasama dengan orang tua serta tokoh masyarakat dalam pelaksanaan program parenting”.

Lebih lanjut beliau menyampaikan “penerapan layanan PAUDHI disatuan PAUD yaitu pendidikan, kesehatan, gizi dan perawatan, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan”.

Tiba di penghujung kegiatan, moderator mempersilakan para peserta untuk bertanya agar lebih interaktif. moderator memberikan Closing Statement “Mengapa harus PAUDHI, karena usia dini merupakan usia emas, dan penting untuk kita memenuhi dan mengembangkan perkembangan anak usia dini yang meliputi stimulasi pendidikan, pengasuhan, perlindungan anak, dan kesejahteraan anak. Bagaimana cara kita sebagai mahasiswa mengimpementasikan PAUDHI yaitu dengan memahami betul apa itu PAUDHI, meningkatkan mutu kemampuan diri kita dalam dunia PAUD, bersinergi dengan para pakar atau para pihak yang terkait dengan PAUDHI”. Kemudian acara pun ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada narasumber yaitu Ibu Sri Lestari yuniarti, S.Pd M.Ed dan Ibu Inti Farhati, MA. Dan doa penutup yang dipimpin oleh Bapak Zarkasyih, MA dan dokumentasi kegiatan.