JJJJJJJJJJJJJJJJJJ

“Webinar Nasional IIQ Fest 2022 : Self Development untuk Generasi Muda Qur’ani”

Pada hari Rabu (10/08/2022), Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta menyelenggarakan webinar nasional yang merupakan rangkaian dari acara IIQ Fest 2022. Webinar nasional tersebut mengusung tema “Self Development dalam Pandangan Al-Qur’an untuk Generasi Muda di Era Endemi”, dengan dua narasumber, yaitu Sherly Annavita Rahmi (content creator, millennial influencer, dan motivator) dan Syifa Nurfadhilah (pendakwah, alumnus IIQ Jakarta). Kegiatan webinar dilakukan secara daring (dalam jaringan) melalui platform Zoom Meetings, berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB, dan dihadiri lebih dari 400 partisipan.

Dipandu oleh Fathin Nur Najmi Laila selaku MC, rangkaian pembukaan kegiatan webinar diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Anisa Nur Lestari, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IIQ Jakarta yang dipandu oleh segenap panitia IIQ Fest 2022, kemudian sambutan acara disampaikan oleh Presiden DEMA IIQ Jakarta, Nur Magvira Tun Nisa. Pada pembukaan kegiatan ini juga, Rektor IIQ Jakarta, Ibu Dr. Hj. Nadjematul Faizah, S.H., M.Hum., berkesempatan menjadi keynote speaker untuk menyampaikan pidato singkatnya.

Materi pertama dalam webinar ini disampaikan oleh Ustadzah Syifa Nurfadhilah, beliau menyampaikan bahwa dalam usaha untuk melakukan self development dalam Islam setidaknya dapat melalui empat proses, yaitu self discovery (proses mengenal Sang Pencipta), self awareness, self help (memberikan afirmasi positif untuk diri), dan self evaluation (muhasabah). Ustadzah Syifa juga menyampaikan bahwa self development sejatinya adalah tentang penyucian jiwa, kembali sesuai dengan tujuan hidup manusia sebagai hamba Allah, menyeimbangkan hubungan diri sendiri dengan Allah dan hubungan diri dengan manusia lainnya.

Melanjutkan ke sesi penyampaian materi kedua, yaitu bersama Kak Sherly Annavita Rahmi. Dengan gaya penyampaian khasnya, Kak Sherly menyuguhkan materinya dengan sangat bersemangat, kata-katanya menggugah bagi semua partisipan. Di antara pemaparannya, Kak Sherly memberikan dorongan motivasi untuk semuanya agar optimis terhadap masa depan, mempersiapkan diri sebaik mungkin, karena waktu tidak akan menunggu sampai sesorang itu siap, dan kesempatan akan menghampiri orang-orang yang bersiap lebih awal. Mengenali diri untuk menemukan potensi berkontribusi, semangat untuk memberikan impact kebaikan bagi sekitar. Pemuda pejuang Islam harus optimis dan semangat, karena Islam hadir bukan untuk menjadi rata-rata, melainkan Islam dari awal hadirnya ialah untuk menjadi di atas rata-rata.

Setelah sesi penyampaian materi dan diskusi dari kedua pemateri selesai, acara webinar berlanjut ke sesi dokumentasi dan penyerahan sertifikat penghargaan bagi kedua pemateri oleh Kepala Bidang Kemahasiswaan dan Alumni IIQ Jakarta, Ibu Iffaty Zamimah, S.Th.I, M.A.. Selanjutnya, rangkaian webinar ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Dr. H. M. Dawud Arif Khan, S.E., M.Si. Ak, CPA.

FFFGGGGGGGJJJJJJJJJJJJJJJJJJHHHHHHHHH