1612761526

Akselerasi dan Percepatan Penyusunan Tugas Akhir Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Dalam rangka upaya melaksanakan tugas akhir, skripsi, maka Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, mengadakan acara Akselerasi dan Percepatan Penyusunan Tugas Akhir. Diselenggarakan pada hari Selasa, 02 Februari 2021, pukul 13.30 – 15.30 wib melalui jaringan virtual. Acara ini Dihadiri oleh Bapak Dr. H. Muhammad Ulinnuha Lc., MA selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Ibu Mamluatun Nafisah, MA selaku Kaprodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ibu Upi Zahra., M.I.Kom selaku Kaprodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) sekaligus pembawa acara, segenap staf akademik dan dihadiri kurang lebih 100 Mahasiswi semester akhir (yang sedang menjalani penyelesaian tugas akhir, skripsi).

Tujuan diadakannnya acara ini, sesuai dengan tema yaitu Akselerasi percepatan Penyusunan Tugas Akhir dan juga memberikan arahan kepada mahasiswi untuk terus semangat dalam mengerjakan dan meyelesaikan tugas akhirnya. Meskipun, pengerjaannya dalam masa pandemic, yang segala sesuatu serba terbatas, bimbingan pun masih dilakukan secara online. Namun, diharapkan itu tidak terlalu menjadi kendala dalam menyelesaikan penulisan.

Di samping itu, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Bapak Dr. H. Muhammad Ulinnuha Lc., MA menyampaikan “proses sebelum sidang skripsi / munaqosyah, diharapkan mahasiswi sudah menyelesaikan mata kuliah yang diampu artinya, sudah tidak ada lagi mata kuliah yang masih tertinggal (pengulangan), karena syarat untuk sidang munaqosyah harus lulus ujian tahfidz, ujian komprehensif yaitu semua mata kuliah yang sudah  dipelajari diujiankan. Untuk materi yang akan diujikan disesuaikan dengan prodinya masing-masing. Jika prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), maka ada pertanyaan seputar Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, Tafsir, dan sebagainya. Jika prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) maka, seputar dakwah dan komunikasi. Itu juga harus dipersiapkan oleh kalian.” Ujar Bapak Dekan.

Pada acara tersebut diberikan sesi tanya jawab, bagi mahasiswi yang ingin bertanya seputar proses penulisan, bimbingan, ujian komprehensif, teknis sidang skripsi/munaqasyah, wisuda  bahkan bagaimana caranya agar tulisan agar selesai tepat waktu.

Dalam kesempatan kali ini, Bapak Dekan memberikan kiat-kiat menyelesaikan skripsi dengan cepat “Niat dan tekad yang kuat, memahami tema (ruang lingkup, metodologi & teknis penelitian), tulis data yang ada (telaten, kejar progress setiap hari 1-2 halaman), disiplin (luangkan waktu 3-4 jam untuk mengerjakan skripsi di setiap harinya), rajin konsultasi (proaktif, fleksibel, jujur dan sopan dalam menghubungi dosen pembimbing), selesaikan tugas akhir lainnya (tahfidz, komprehensif, dll), fokus dan jaga kesehatan (hindari kegiatan lain yang banyak menyita waktu), buat time schedule (ikuti itu), dan terakhir berdo’a”. Demikian penjelasannya.

Harapannya setelah mengikuti acara ini, mahasiswi semangat untuk terus menulis dan cepat dalam menyelesaikan tugas akhirnya, dan bisa meminimalisir hambatan-hambatan yang ada, baik hambatan internal maupun eksternal. (MN)