1612762552

Pembekalan Dan Pelepasan Mahasiswi Peserta PLP II Daring Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta Tahun Akademik 2020/2021

Sabtu, 30 Januari 2021 fakultas tarbiyah menyelenggarakan pembekalan dan pelepasan mahasiswi peserta pengenalan lapangan persekolahan (PLP)  II tahun akademik 2020/2021 lewat media online zoom. Agenda ini dilaksanakan pada dua sesi yaitu sesi pembekalan dan pelepasan. Sesi pembekalan dari pukul 10.00-12.00 WIB dan sesi pelepasan dri pukul 13.00-selesai.

Sesi pembekalan dihadiri oleh Dekan fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd, Kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA.Pd, Kaprodi PIAUD Ibu Hasanah, M.Pd, para dosen pembimbing, para staf fakultas dan 120  mahasiswi peserta  PLP II daring.

Pada sesi ini terdapat tiga pemateri dan mahasiswi diberikan pembekalan tentang materi-materi yang tekait dengan prosedur, instrumen dan etika pelaksanaan PLP II fakultas tarbiyah IIQ Jakarta. Pemateri pertama, diisi oleh dekan fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, MPd yang menyampaikan terkait prosedur dan etika dalam melaksanakan PLP II daring. Dalam  penyampaiannya, “Bahwa mahasiswi harus memiliki etika yang baik sebagai mahasiswi IIQ Jakata dan harus bisa berkomunikasi yang baik dan benar dengan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PLP II seperti, kepala sekolah, wakasek, guru pamong, dan sebagainya. Tegas Ibu dari tiga anak ini.

Selanjutnya pemateri kedua, yaitu Kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA.Pd yang menyampaikan tentang kisi-kisi pengisian instrumen peniliaan PLP II daring. Kaprodi PAI menjelaskan semua hal-hal yang terkait dengan instrumen pengajaran seperti penilaian praktik mengajar, penilaian RPP dan lain-lain, temasuk tentang sistematika pelaporan akhir pelaksanaan PLP II nanti secara daring.

Sementara, kaprodi PIAUD menyampaikan tentang bagaimana teknik pelaksanaan kegiatan PLP di sekolah dan bagaimana sistem bimbingan dan ujian praktik di sekolah yang dilakukan oleh guru pamong dan dosen pembimbing.

Acara berlanjut pada sesi kedua yaitu sesi pelepasan mahasiswi peserta PLP II dari pukul 13.00 WIB sampai selesai. Pada sesi ini dihadiri oleh Ibu Warek I bidang akademik yaitu Ibu Dr. Nadjematul Faizah, S.H, M.Hum sekaligus mewakili rektor IIQ Jakarta untuk melepas 120 mahasiswi peserta PLP II daring.  Selain warek 1, sesi ini juga dihadiri oleh Dekan fakultas tarbiyah, para kaprodi, dosen pembimbing, para staf fakultas mahasiswi peserta PLP II dan tak ketinggalan para kepala sekolah yang menjadi mitra pelaksanaan PLP II daring ini.

Pada awal kegiatan pelepasan ini, dibuka dengan ucapan terima kasih oleh dekan fakultas tarbiyah kepada semua pihak terkhusus kepada para kepala sekolah yang telah nenerima mahasiswi fakultas tarbiyah dengan wolcome dan menitipkan mahasiswi peserta PLP II kepada sekolah-sekolah tersebut. Dan tak lupa bahwa bagi prodi PIAUD juga disampaikan jika perdana dalam melaksanakan kegiatan PLP 2 bagi prodinya.

Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan yang disampaikan oleh warek 1 bidang akademik yang menyampaikan bahwa, “Mahasiswi peserta PLP II sebanyak 120 dan hampir sama dengan jumlah sekolah yang menjadi mitra, perlu diingat ini merupakan bagian dari pelaksanaan kampus merdeka, karena mengingat pada saat ini yang memilih dan menentukan sekolah yaitu oleh masing-masing mahasiswi peserta PLP II”. Selanjutnya warek I melepas sebanyak 120 mahasiswi dengan mengucapkan basmalah sebagai kata pamungkas untuk melepas mahasiswi peserta PLP II daring ini.

Di akhir acara disi dengan sambutan perwakilan dari para kepala sekolah yang diwakili oleh Ibu Siti Dhirrifngah, S.S, M.Si  yang menyampaikan welome dan senang bisa menerima mahasiswi IIQ untuk melaksanakan PLP II daring. Di akhir kata kepala sekolah dari SDN Jakarta Timur ini menutup dengan pantun yang membuat semua hadirin di media zoom tersenyum ria.

Agenda ini ditutup dengan doa oleh dosen fakultas tarbiyah Bpk. Kurnia Akbar S.S, M.Pd. Harapan semua dengan doa ini kegiatan PLP II daring berjalan dengan lancar dan sesuai harapan semua pihak, khususnya bagi fakultas tarbiyah sebagai pelaksana kegiatan. Selamat menjalankan kegiatan PLP II daring bagi mahasiswi semester 8 fakultas tarbiyah prodi PAI dan prodi PIAUD. Jaya Selalu fakultas tarbiyah. (R.S)