IIQ Jakarta, Satu Hari Dikunjungi Dua Universitas Luar Negeri

JAKARTA – 29/03/2010 Ra’is Bi’tsah Ta’limiyah Jami’ah al-Azhar Mesir, Syeikh Wahid berkunjung ke Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Kunjungan ini selain bertujuan sebagai kunjungan Mauhibah dan Persaudaraan, juga bertujuan untuk melihat lebih dekat aktifitas dan efektifitas tenaga pengajar dari Universitas Al-Azhar yang diperbantukan di IIQ Jakarta sejak September 2009 lalu.

Pertukaran tenaga pengajar tersebut adalah salah satu bentuk kerjasama IIQ Jakarta dengan berbagai pihak di luar dan dalam negeri. Dengan Universitas Al-Azhar ini, kerja sama dimulai sejak adanya kunjungan rektor, purek II dan sekretaris yayasan IIQ  ke kampus paling bonafid di dunia Islam ini. Hasil dari kunjungan ini adalah adanya pengiriman dosen Ahli Ilmu Qira’at, Muhammad Sulthan ke kampus IIQ Jakarta. Menurut rektor IIQ, Ahsin Sakho Muhammad, Syeikh Ahli Qira’at ini selanjutnya melaksanakan tugasnya sebagai ustadz, dosen dan pembimbing dalam ilmu Qira’at, terutama Qira’at Sepuluh.

Selain kunjungan dari Universitas Al-Azhar, pada hari yang sama, IIQ Jakarta juga dikunjungi oleh rektor Jami’ah al-Qur’an wa Dirasah Islamiyah Sudan, Syeikh Doktor Sulaiman. Sebagaimana kunjungan delegasi dari Universitas Al-Azhar Mesir, kunjungan dari Sudan ini juga dalam rangka kunjungan kerjasama antar perguruan tinggi Islam.

“Sejak beberapa tahun yang lalu, IIQ Jakarta telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. IIQ Jakarta telah memiliki dan menandatangani MoU, nota kesepakatan kerjasama dengan perguruan tinggi di Sudan”, jelas Ahsin Sakho Muhammad, selaku rektor. Lebih jauh beliau menjelaskan, bahwa bentuk kerjasama dengan Jami’ah Dirasah Islamiyah di Sudan adalah dalam bentuk: (1). Pertukaran mahasiswa dan dosen. (2) Penyediaan beasiswa, dan lain-lain. (AM)