Resmikan Rusunawa Institut Ilmu Al Quran, Wapres Harap Mahasiswinya Jadi Tokoh Hebat

Resmikan Rusunawa Institut Ilmu Al Qur’an, Wapres Harap Mahasiswinya Jadi Tokoh Hebat

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin berharap agar mahasiswi Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) di Pamulang, Banten dapat menjadi tokoh-tokoh perempuan hebat.

“Tokoh-tokoh yang akan memperbaiki segala segi yang dibutuhkan bangsa dan negara ke depan,” ujar KH Ma’ruf saat meresmikan rumah susun sewa ( Rusunawa) IIQ di Jalan Mohammad Toha No. 31 Pamulang Timur, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten Kamis (5/3/2020).

Untuk itu, Wapres pun yakin bila IIQ dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya sehat cerdas tapi juga memiliki manfaat bagi masyarakat melalui pendidikan Al Qur’an. “Pendidikan agama di Indonesia masih sangat diperlukan guna memberantas buta aksara Al Qur’an,” ujar Wapres seperti dalam keterangan tertulisnya.

Wapres melanjutkan peresmian Rusunawa IIQ tersebut sendiri wujud upaya pemerintah yang fokus dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya generasi muda Indonesia. “Untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang berdaya saing, pemerintah berupaya memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas pendidikan seperti Rusunawa dan balai latihan kerja (BLK),” kata dia.

Dibangun KemenPUPR dengan Anggaran Rp 17,4 Miliar

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Provinsi Banten Indra yang hadir dalam peresmian tersebut menjelaskan, Rusunwa IIQ yang dibangun ini akan menggantikan asrama mahasiswi IIQ yang ludes terbakar beberapa waktu lalu.

Anggaran pembangunan Rusunawa setinggi tiga lantai ini adalah Rp 17,4 Miliar. Untuk memberikan kenyamanan bagi para santriwati penghafal Alqur’an, pihak Kementerian PUPR membangun 64 unit hunian dengan tipe 24 meter perseg. Adapun untuk kapasitas, Rusunawi ini mampu menampung 256 mahasiswi penghafal Al Qur’an.

Setiap unit hunian telah dilengkapi dengan tempat tidur tingkat, lemari pakaian, meja dan kursi belajar, wastafel dan kamar mandi. Kapasitas untuk setiap hunian adalah empat orang santriwati.

“Rusunawa ini dibangun oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Banten pada 2019. Kami harap bangunan ini dapat bermanfaat sebagai tempat tinggal para penghafal Al Qur’an di Indonesia,” harapnya. Salah seorang penghuni Rusunawa IIQ Shofwah Fahazehru mengungkapkan dirinya dan teman-temannya sangat senang bisa tinggal di hunian vertikal tersebut.

Menurutnya, bangunan Rusunawa tersebut sangat nyaman untuk ditempati karena telah dilengkapi dengan meubelair. “Kalau di asrama yang lama kami menempati satu ruangan untuk 12 orang. Tapai kalau di sini kami hanya berempat saja dan sudah ada tempat tidur, meja belajar dan kamar mandi di dalam kamar. Jadi kami lebih mudah untuk fokus dalam memghafal Al Qur’an,” terangnya.

Sementara itu salah seorang penghuni Rusunawa lainnya Lulu Nurdzakiyah mengungkapkan bahwa dirinya berharap Kementerian PUPR bisa menambah satu unit lagi Rusunawa di kampus tersebut. Pasalnya saat ini ada satu asrama lagi yang kondisinya sangat memprihatinkan karena usia bangunan yang sudah tua. “Kualitas bangunan Rusunawa IIQ yang dibangun Kementerian PUPR ini sangat bagus. Saya harap Kementerian PUPR bisa menambah Rusunawa lagi untuk IIQ,” harapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Resmikan Rusunawa Institut Ilmu Al Qur’an, Wapres Harap Mahasiswinya Jadi Tokoh Hebat”

https://nasional.kompas.com/read/2020/03/06/20204141/resmikan-rusunawa-institut-ilmu-al-quran-wapres-harap-mahasiswinya-jadi Pada Kompas.com – 06/03/2020, 20:20 WIB