39d85f5e-08c7-40b3-a221-a73ed61bb163

Selamat, Rektor dan Pejabat Struktur Baru IIQ Jakarta Masa Bakti 2022-2026 telah dilantik

Selamat, Rektor dan Pejabat Struktur Baru IIQ Jakarta Masa Bakti 2022-2026 telah dilantik.

Rabu, 31 Agustus 2022, Ibu Dr. Hj. Nadjmatul Faizah, SH. M. Hum dilantik sebagai Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta masa bakti 2022-2026 Sesuai dengan Keputusan Rektor Nomor: 36/A.1/IIQ/VIII/2022. Rektor dilantik langsung oleh Ketua Umum Yayasan Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta yakni Bapak Ir. Rully Chairul Azwar, M. Si, IPU yang yang disaksikan oleh keluarga besar dan civitas akademika IIQ Jakarta.

Rektor IIQ Jakarta dalam sambutannya menyampaikan akan menjaga amanah legacy ini dengan sebaik-baiknya dengan bekerja secara system thinking yang comprehensive. Rektor bersama team yang ada dilingkungan IIQ Jakarta akan bekerjasama bahu membahu menguatkan sinergitas untuk mewujudkan cita-cita para pendiri IIQ. “Ada banyak tugas berat yang harus diselesaikan, karena perubahan kondisi covid yang merubah proses belajar, bahwa mengelola perguruan tinggi tidak lagi business as usual.” Ungkap Rektor.

Pada kesempatan ini Rektor membahas capaian kinerja perguruan tinggi maupun program studi. Menurutnya, bahwa capaian kinerja perguruan tinggi maupun program studi akan di diukur dalam proses akreditasi yang dilaksanakan oleh BAN-PT.

Lanjut Rektor, berdasar pada hasil LPJ maka ada hal-hal yang perlu perbaikan yang akan ditingkatkan yang berhasil baik akan dipertahankan, sedangkan yang berjalan diselesaikan dan harapan ke depan agar menyiapkan tata kelola IIQ Jakarta yang baik good university governance (GUG).

Sehubungan dengan Pengembangan dan Keberlanjutan kampus IIQ Jakarta tercinta, beberapa rencana tindak lanjut yang menjadi fokus utama pekerjaan rumah untuk menjaga keberlangsung dan kualitas IIQ Jakarta. Beberapa startegi pengembangan dan keberlanjutan didasarkan pada posisi kuadran dua dalam analisis SWOT yaitu: (1) Peningkatan capaian Akreditasi institusi dan Program Studi, (2) Peningkatan perolehan jabatan Fungsional Dosen, (3) Peningkatan Jumlah Penelitian/Publikasi/Luaran Internasional, (4) Pengembangan Dosen meliputi kecukupan Jumlah, Kualifikasi Keilmuan, Kualifikasi Akademik Doktor Sertifikasi, Jabatan Fungsional, Rekognisi, Penelitian dan PkM, (5) Peningkatan Prestasi Mahasiswa bidang akademik dan non-akademik, (6) Peningkatan Pelaksanaan Tracer Studi, (7) Peningkatan Dana Penelitian dan PkM, (8) Peninjauan Ulang Rencana Jangka Panjang (RIP) Jangka Menengah (Renstra) dan jangka Pendek (Renop) berbasis akreditasi, (9) Peningkatan Evaluasi dan Pengukuran Capaian Kinerja, (10) Menerapkan perencanaan Berbasis Resiko, (11) Penyusunan Pedoman Pengelolaan Institut, (12) Peningkatan Layanan Kemahasiswaan, (13) Implementasi Kurikulum  Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) / Outcome Based Education (OBE) secara penuh termasuk  di dalamnya program MBKB, (14) Implementasi Siklus PPEPP (Tahunan).

Selanjutnya, Rektor pada kesempatan ini menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para Rektor dari masa ke masa yang telah meletakkan dasar berpijak untuk mengelola perguruan tinggi Keagamaan Islam khusus bidang Al-Qur’an. Selain itu ucapan terimakasih juga ditujukan kepada pejabat struktur IIQ Jakarta periode 2018-2022 dan seluruh pihak yang telah mendukung IIQ baik secara moril maupun materil. Harapanya, semoga kerjasama terus terjalin sehingga IIQ Jakarta lebih baik di masa mendatang.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan IIQ Jakarta bapak Ir. Rully Chairul Azwar, M. Si, IPU dalam sambutannya menyampaikan selamat atas dilantiknya Ibu Dr. Nadjmatul Faizah sebagai Rektor IIQ Jakarta untuk masa bakti 2022-2026. Ketum YIIQ ini menjelaskan penetapan Rektor setelah melalui proses fit and proper.

“Kami menilai, yang bersangkutan telah memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan sebagai Rektor dan telah cukup berpengalaman selama ini dibidang tugas ke institutan yang digelutinya, tidak hanya dalam aspek akademis melainkan juga dalam aspek manajerial. Yang bersangkutan merupakan sosok yang tidak asing bagi IIQ Jakarta, terlebih yang bersangkutan adalah putri penerus langsung dari pendiri IIQ Jakarta yang samasama kita cintai, yaitu Prof. KH Ibrahim Hosen, LLM” Ungkapnya.

Harapan Bapak Ir. Rully IIQ Jakarta harus mampu menunjukkan daya tariknya yang lebih dibandingkan perguruan tinggi lain, dan tidak boleh kendor semangatnya dalam memacu prestasinya mengingat tantangan yang dihadapi ke depan tidaklah ringan. “Bahwa IIQ sebagai perguruan tinggi yang memiliki daya tarik “AlQur’an” dan ilmu-ilmu Al-Qur’an agar terus digelorakan. Hendaknya mahasiswa-mahasiswi IIQ dapat     menunjukkan “prestasi” besarnya lagi,  pada event-event Al-Qur’an baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Khususnya pada MTQ Nasional dalam waktu dekat pada bulan Oktober 2022 yang akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan, semoga akan menjadi ajang prestasi lagi bagi mahasiswa mahasiswi IIQ.” Tuturnya.

 

Lebih lanjut, Ketum YIIQ ini berharap kiranya rektor dan seluruh jajaran struktural rektorat IIQ Jakarta, dapat mengemban tugas sebaik-baiknya, bekerja keras, jujur dan berdisiplin, senantiasa taat pada peraturan, perundang-undangan yang berlaku, dan melakukan koordinasi serta sinkronisasi dengan seluruh lembaga-lembaga dilingkungan IIQ sehingga menghasilkan output kinerja yang maksimal bagi kemajuan IIQ.” (FP)

DAFTAR PEJABAT STRUKTURAL MASA JABATAN 2022 – 2026 DI LINGKUNGAN  INSTITUT ILMU AL-QUR’AN (IIQ) JAKARTA

NO. NAMA JABATAN
1. Dr. Hj. Romlah Widayati, M.Ag. Wakil Rektor I, Bidang Akademik
2. Dr. H. M. Dawud Arif Khan, S.E., M.Si., Ak., CPA. Wakil Rektor II, Bidang Administrasi Umum dan Keuangan
3. Hj. Muthmainnah, M.A. Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
4. Dr. H. Muhammad Azizan Fitriana, M.A. Direktur Program Pascasarjana
5. Dr. H. Ahmad Syukron, M.A. 1.  Ketua Program Studi Doktor Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).

2.  Ketua Program Studi Magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).

6. Dr. Hidayat, M.A. Ketua Program Studi Magister Hukum Ekonomi Syariah (HES).
7. Dr. Fajar Syarif, M.A. Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI).
8. Dr. Syamsul Ariyadi, M.Ag. Sekretaris Program Studi Doktor dan Magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).
9. Dr. Sri Widyastri, M.Pd. Sekretaris Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI).
10. Dr. Syarif Hidayatullah, M.A. Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
11. Rahmatul Fadhil, M.Ag.

 

 

 

1.  Ketua Program Studi Sarjana (S1) Hukum Ekonomi Syariah (HES).

2.  Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan (AUK)

12. Syafaat Muhari, M.E. 1.  Ketua Program Studi Sarjana (S1) Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW).

2. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengkajian Ilmiah (LPPI).

13. Dr. H. Muhammad Ulinnuha, M.A. Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah
14. Mamluatun Nafisah, M.Ag. Ketua Program Studi Sarjana (S1) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT)
15. Muhamad Hizbullah, MA. Ketua Program Studi Sarjana (S1) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
16. Dr. Syahidah Rena, M.Ed. Dekan Fakultas Tarbiyah
17. Reksiana, MA.Pd. 1.   Ketua  Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Agama Islam (PAI)

2.   Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni (AKA)

18. Hasanah, M.Pd. Ketua Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
19. Isman Iskandar, M.Sos. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)
20. Dra. Hj. Chalimatus Sa’dijah, M.A. Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPKM)
21. Hj. Istiqomah, M.A. 1.  Ketua Lembaga Tahfidh dan Qiraat al-Qur’an (LTQQ)

2. Wakil Ketua Pesantren Takhassus IIQ

22. Dr. Hj. Maria Ulfah, M.A. Ketua Lembaga Khath dan Tilawah Al-Qur’an (LKTQ)
23. Dra. Hj. Muzayanah, M.A. Ketua Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA)
24. Fitriyani Lathifah, S.E.,Sy., M.Si. Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengkajian Ilmiah
25. Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc., M.A. Ketua Dewan Pengasuh Pesantren Takhassus IIQ
26. Prof. Dr. H. Nadirsyah Hosen, LL.M., M.A. (Hons), Ph.D. Wakil Ketua Dewan Pengasuh Pesantren
27. Abdul Rosyid, M.A. 1.      Sekretaris Dewan Pengasuh Pesantren

2.      Kepala UPT Penerbitan (IIQ Press)

28. Ruaedah, M.A. Ketua Pesantren Takhassus IIQ Jakarta
29. KH. M. Haris Hakam, M.A. Kepala UPT Humas
30. Dr. Ir. M. Nadratuzzaman Hosen, M.Ec. Liasion Officer
31. Dr. Hasanudin, M.Ag. Staff Ahli Khusus Rektor
32. M. Zuhdi, Ak., M.A. Ketua Satuan Pengawas Internal
33. Siti Shopiyah, MA. Kepala Bagian Tata Usaha Pascasarjana
34. Sugianto Effendi, M.Si. Kepala Bagian Akademik
35. Iffaty Zamimah, M.Ag. Kepala Bagian Kemahasiswaan
36. Nilna Sabrina, S.Akun Kepala Bagian Umum
37. Nur Yunita, SEI Kepala Bagian Keuangan

 

39d85f5e-08c7-40b3-a221-a73ed61bb1639dd66e8e-af32-4368-b243-1d6164ead4a4c1b57708-ba9d-4672-824e-bff3709c30e3c4ed3b84-79d3-4aaa-b7d1-d71878d90190