mtq2020

Selamat, Sejumlah Mahasiswi dan Alumni IIQ Jakarta Raih Juara MTQ Nasional di Padang Provinsi Sumatera Barat

Sejumlah mahasiswi dan alumni Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta berhasil meraih prestasi membanggakan pada MTQ Nasional ke-28 yang berlangsung di Padang, Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 12 sampai 21 November 2020.

Bukan kali pertama, Mahasiswi dan alumni IIQ Jakarta diketahui memang sudah menjadi langganan bermain dalam dunia perMTQan dan acapkali meraih prestasi gemilang baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan International. Dengan demikian, IIQ Jakarta disebut-sebut sebagai gudangnya para MTQ-er.

Menurut informasi yang diterima dari Ketua Lembaga LPTQ IIQ Jakarta Ibu Hj. Muthmainnah, MA, berikut sejumlah nama mahasiswi dan alumni yang mengharumkan nama IIQ Jakarta di kancah Nasional; (1) Rofi’atul Muna meraih juara I pada cabang Tilawah Al-Quran Golongan Dewasa, (2) Wahyu Rumiati juara III cabang Tilawah Remaja, (3) Arifa Dini Islamiaty juara harapan III pada cabang Tilawah remaja, (4) Sulistiawati juara III cabang Qiro’at Murattal Dewasa, (5) Feti Fera meraih harapan I pada cabang Qiro’at Murattal Dewasa, (6) Sarini Dafi meraih juara harapan III pada cabang Qiro’at Murottal Remaja, (7) Sahula Ruzni meraih juara harapan II pada cabang tahfizh 5 juz dan tilawah, (8) Siti Nadlifah juara harapan I pada cabang Tafsir Bahasa Arab, (9) Ayuna Faizatul Fikriyah juara I pada cabang Tafsir Bahasa Indonesia, (10) Rifdah Farnidah juara III pada cabang Tafsir Bahasa Indonesia, (11) Khoirunnisa raih juara II pada cabang Tafsir Bahasa Inggris, (12) Thoyyibatus Sa’diah raih juara III pada cabang Makalah Al-Qur’an.

Untuk diketahui bahwa saudari Rofiatul Muna, alumni IIQ Jakarta yang meraih juara 1 pada cabang Tilawah Al-Quran Golongan Dewasa, akan diikut sertakan kembali pada kompetisi bergengsi di tingkat dunia.

Selain itu, sejumlah dosen-dosen pakar IIQ Jakarta juga turut serta berpartisipasi menjadi Dewan Hakim dalam perhelatan bergengsi tersebut, tujuh dosen yang diutus adalah (1) Prof. Dr. Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, MA, (2) Dr. KH. Ahmad Fathoni, M. Ag., (3) Dra. Hj. Maria Ulfa, MA, (4) Dr. Hj. Romlah Widayati, MA., (5) Dr. Hj. Umi Khusnul Khotimah, M. Ag, (6) Dra. Hj. Mursyidah Thahir, MA, (7) Dr. H. Muhammad Ulinnuha Husnan, Lc., MA.

Dari informasi yang dihimpun oleh Humas IIQ Jakarta, kegiatan MTQ ke-28 ini berlangsung selama 10 hari dengan jumlah peserta mencapai 1.476 dari seluruh Indonesia. Ajang tersebut melibatkan 135 Dewan Hakim, 26 panitera, tujuh orang pengawas dan 43 orang ofisial dari pusat.

Selain itu ada 8 cabang yang diperlombakan yaitu cabang seni baca Al-Quran, Qira’at Al-Quran, Hafalan Al Quran, Tafsir Al-Quran, Fahmil Al-Quran, Seni Kaligrafi Al-Quran, Syarhil Al-Quran, dan cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Quran.

Moment MTQ merupakan bentuk syi’ar dan menjadikan Al-Quran sebagai pedoman umat untuk mewujudkan kehidupan yang semakin baik dan sebagai bentuk dakwah yang akan memperkuat jati diri dan memperkokoh ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah bashoriyah. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Menteri Agama Fachrul Rozi.

Senada, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi juga berharap MTQ tidak hanya menjadi ajang melatih dan bertanding membaca, tetapi juga berkompetisi dalam memahami substansi dari ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan benar dan tepat. (FP)