wisuda2021

IIQ Jakarta Mewisuda 381 Sarjana Penghafal Al-Quran

JAKARTA – Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta menggelar wisuda sarjana ke-22, wisuda pascasarjana ke-15 dan wisuda program doktor ke-1 tahun akademik 2021/2022 secara daring dan luring, pada Sabtu, 11 September 2021, sekaligus dirangkaikan dengan perayaan Dies Natalis IIQ yang ke-44.

Pada penyelenggaraan wisuda ini, sebanyak 381 orang total wisudawan-wisudawati IIQ dari tiga Fakultas tingkat sarjana dan pascasarjana. Sebagaimana diketahui, semua mahasiswa sarjana IIQ Jakarta diwajibkan untuk menghafal Al-Quran.

Dari jumlah itu mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Prodi Hukum Ekonomi Syariah sebanyak 40 orang, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dari Program Studi (Prodi) Ilmu Al-Quran dan Tafsir sebanyak 90 orang, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam sebanyak 34 orang, Fakultas Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam sebanyak 117 orang, dan Prodi Pendidikan Anak Islam Usia Dini ada 5 orang.

Sedangkan untuk mahasiswa lulusan Program Pascasarjana IIQ Jakarta, lulusan Prodi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir berjumlah 56 orang, Prodi Magister Hukum Ekonomi Syariah 6 orang, Prodi Magister Pendidikan Agama Islam ada 31 orang dan dua orang lulusan Prodi Doktor Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

Pada rangkaian wisuda ini, ada tiga wisudawan yang dikukuhkan sebagai mahasiswa predikat teladan. Dini Siti Habibah dari Fakultas Tarbiyah, tercatat sebagai mahasiswa terbaik sekaligus mahasiswa teladan pertama. Dini lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3, 91 yudisium pujian. Dalam waktu bersamaaan, Dini berhasil menyelesaikan program Tahfidz Al-Quran 30 Juz. Adapun dua wisudawan teladan lainnya dari tingkat S2 bernama Muhammad Ihrom, M. Pd dan tingkat S3 yaitu Dr. Narmodo.

Atas prestasinya ini, para wisudawan terbaik mendapatkan reward beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya di kampus Institut Ilmu Al-Quran Jakarta.

Pjs Rektor IIQ Jakarta, Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH, M. Hum berharap, semua ilmu yang diperoleh selama studi di IIQ, dapat menjadi bekal berharga dalam menyongsong kehidupan yang lebih baik. Terutama kaitannya dengan upaya pengembangan kajian keislaman berbasis Al-Qur’an.

Rektor Nadjematul Faizah juga meminta, semua civitas akademika, mahasiswa dan para alumni IIQ Jakarta, agar terus menegakkan akhlak mulia, menyebarkan risalah Islam rahmatan lil’alamin, memiliki kepekaan sosial yang tinggi, serta dapat mengetengahkan moderasi beragama.

“Itu tugas bersama kita,” tandasnya.

Mengenai perkembangan IIQ Jakarta, Dr Nadjematul Faizah menyampaikan perkembangan IIQ dan animo masyarakat kepada IIQ yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

“Sampai Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 ini, total mahasiswa aktif IIQ berjumlah 2.386 orang. Selain itu, jalinan kerjasama IIQ dengan beberapa Institusi, pemerintah, Baznas, maupun perguruan tinggi juga terus dilakukan,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan IIQ Jakarta, Rully Chairul Azwar mengatakan, masyarakat akan selalu memerlukan sarjana IIQ Jakarta di manapun mereka berada.

“Saya mengutip sebuah filosofi dari Prof. Ibrahim Hosen: Dengan Al Quran, mencerdaskan, dan meninggikan derajat perempuan,” kata Rully Chairul Azwar.

Atas kelancaran prosesi wisuda ini, Ketua Panitia Dr. H. M. Azizan Fitriana mengucapkan terimakasih kepada semua pihak.